Cara Membuat Nasi Uduk di Magic Com
Tutorial Cara Membuat Nasi Uduk di Magic Com

Cara Membuat Nasi Uduk di Magic Com

Alkisahnews.com – Walaupun nasi uduk bisa kalian dapatkan dengan mudah di pagi hari pada penjual sarapan, namun jika kalian mengetahui cara membuat nasi uduk di magic com. Dengan Anda bisa memasak untuk kemudian menikmatinya kapan saja dan di mana saja.

Jenis olahan nasi ini memang paling cocok disantap pagi hari sebelum memulai kegiatan. Jadi tidak heran kenapa banyak penjual yang menjajakannya pada pagi – pagi buta sebagai sarapan untuk dijadikan energi dalam melakukan aktivitas harian.

Rasanya yang gurih dan lezat juga bisa menaikkan mood untuk menjalani aktivitas sehari – hari. Bahkan, di kota besar seperti Jakarta menu ini menjadi favorit untuk dijadikan sarapan dan bisa Anda temui diseluruh penjuru kota.

Menu favorit warga jakarta ini berasal dari beras agak pera yang dimasak dengan santan segar dan rempah kering sampai rasanya berubah menjadi gurih dan juga lezat. Kemudian, cara masaknya ada yang dengan diaron atau dimasak setengah matang untuk selanjutnya dikukus sampai matang.

Namun ada juga resep nasi uduk magic com sederhana yang hanya membutuhkan magic com atau rice cooker saja untuk memasaknya. Resep ini menjadi paling tepat untuk Anda coba sendiri di rumah menggunakan magic com.

Dengan begitu, proses dalam membuat menu favorit warga jakarta ini menjadi lebih mudah serta praktis dengan rasa yang tidak kalah dengan masakan milik ibu – ibu penjual sarapan. Jadi, Anda bisa memakannya baik di pagi hari, siang hari, maupun malam hari.

Baca Juga : Cara Membuat Nasi Liwet di Magic Com

Resep dan Cara Membuat Nasi Uduk Di Magic Com

Selain membutuhkan banyak bahan serta bumbu dalam proses pembuatannya. Cara memasaknya juga sedikit ribet, karena harus melakukan dua tahap yaitu direbus dan kemudian dikukus.

Namun, dengan menggunakan magic com ini tidak ada lagi kata ribet untuk memasak nasi uduk. Berikut bahan yang Anda butuhkan untuk memasak resep nasi uduk magic com anti gagal.

  • 5 cup beras dengan berat sekitar 800 gram, sesuaikan dengan banyak orang yang akan menyantapnya
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, digeprek
  • 3 butir cengkih
  • 4 cm kayu manis
  • 2 butir kapulaga
  • Garam secukupnya saja, sesuaikan dengan selera
  • Terakhir, 750 ml santan encer segar
Sedang Trending :  Cara Membuat Ayam Krispi dengan Tepung Biasa, Bahan Simpel!

Selanjutnya yaitu proses atau cara memasaknya, berikut langkah – langkah yang Anda perlu ikuti dalam proses pembuatannya.

  1. Langkah pertama yaitu cuci beras sampai benar – benar bersih, kemudian ditiriskan.
  2. Jangan lupa juga untuk menyiapkan rice cooker atau magic com yang akan dipakai dalam proses memasaknya nanti.
  3. Setelah magic com sudah siap, masukkan beras ke dalamnya.
  4. Langkah selanjutnya adalah menambahkan daun salam, daun jeruk, serai, cengkih, kayu manis, dan kapulaga.
  5. Masukan juga garam dan santan secukupnya, sesuaikan juga dengan jenis beras.
  6. Masak beras dengan magic com, kemudian tekan cook dan masak sampai nasi matang.
  7. Ketika magic com menunjukan indikasi sudah matang, buka dan aduk – aduk nasi sampai bagian bawahnya ikut terangkat ke atas.
  8. Tekan kembali tombol cook dan tunggu sekitar 15 menit sampai nasi matang.
  9. Setelah matang nasi uduk siap disajikan dengan berbagai macam lauk pendampingnya.

Simak Juga : Cara Membuat Martabak Manis Teflon Rumahan Sederhana

Manfaat Mengonsumsi Nasi Uduk Bagi Kesehatan

Tidak hanya mempunyai rasa yang nikmat dan lezat saja, ternyata menu favorit warga jakarta ini bermanfaat juga bagi kesehatan. Manfaat tersebut tentunya bisa Anda dapatkan dari kandungan rempah yang dipakai dalam proses pembuatan nasi uduk.

Selain menambah energi Anda untuk memulai dan menjalani aktivitas sehari – hari, ada juga manfaat lain seperti mencegah kanker, mencegah sembelit pada perut, menguatkan kinerja jantung, dan mengobati disentri karena makanannya bersih.

Manfaat lain seperti mengatur gula darah, mengurangi tekanan darah tinggi, mendukung pertumbuhan tubuh, baik untuk tulang, mendukung pertumbuhan tubuh, dan juga membantu pertumbuhan otot. Bagaimana, menarik bukan? (SA)

Baca Juga : Cara Membuat Ayam Krispi Dengan Tepung Biasa

Tinggalkan Balasan