Cara Membuat Ayam Krispi dengan Tepung Biasa
Tutorial Cara Membuat Ayam Krispi dengan Tepung Biasa

Cara Membuat Ayam Krispi dengan Tepung Biasa, Bahan Simpel!

Memasak di kosan menjadi lebih mudah menggunakan cara membuat ayam krispi dengan tepung biasa. Buat anak kos yang senang dengan memasak simpel-simpel, beberapa variasi cara memasak ayam krispi di bawah ini wajib banget untuk dicoba.

Memasak merupakan skill dasar yang harus dimiliki setiap orang, tanpa harus memandang gender. Sebenarnya dalam membuat satu menu masakan terdapat banyak cara yang dapat digunakan tergantung bahan-bahan tersedia atau mana sekiranya mudah untuk kita.

Cara Membuat Ayam Krispi dengan Tepung Biasa

Begitu pula dengan cara membuat ayam crispy dengan tepung biasa, ada banyak cara yang dapat diaplikasikan. Berikut setidaknya 3 cara pembuatan ayam krispi.

1. Ayam Goreng Krispi Tepung Sederhana

Dalam membuat resep pertama bahan-bahan yang harus disiapkan antara lain, setengah ekor ayam, 2 bungkus royco, 9 sendok makan tepung terigu, 3 sendok makan tepung sagu, 3 siung bawang putih yang sudah digeprek lalu diiris, 2 butir telur, satu pucuk sendok garam, satu pucuk sendok baking soda, dan minyak untuk menggoreng.

Langkah pertama adalah potong ayam sesuai selera setelah itu dicuci hingga bersih. Selanjutnya campurkan ayam dengan satu bungkus royco dan bawang putih. Uleni semuanya menggunakan tangan.

Masukkan ayam ke dalam kulkas dan diamkan selama kurang lebih 6 hingga 9 jam. Setelah didiamkan selama 6 hingga 9 jam, keluarkan dari kulkas.

Selanjutnya campurkan tepung terigu, tepung sagu, satu bungkus royco, dan satu pucuk sendok baking soda. Pada wadah yang berbeda, campurkan telur dan garam, kocok menggunakan garpu.

Selanjutnya, masukkan ayam ke dalam wadah telur, setelah itu masukkan ke wadah tepung lalu baluri. Lakukan sebanyak dua kali agar tepung lebih meresap.

Setelah itu masak menggunakan api kecil dalam minyak panas. Goreng hingga kecoklatan lalu tiriskan. Makanan siap untuk disantap.

2. Ayam Goreng Krispi Super Simpel

Resep kedua yaitu memasak ayam goreng krispi super simpel. Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan antara lain, 3/4 kg ayam yang telah dipotong sesuai selera dan dicuci bersih, 7 siung bawang putih yang telah dihaluskan, 2 sendok teh garam, 1 sendok teh merica bubuk, 1 bungkus royco, garam secukupnya, dan satu butir telur.

Sedang Trending :  Cara Membuat Donat Manual

Untuk bahan pelapis menggunakan 5 sendok sayur tepung terigu dan 1 sendok sayur tepung maizena.
Langkah pertama yaitu memberi bumbu pada ayam dengan bawang putih, garam, merica bubuk, dan royco. Semuanya diaduk hingga rata dan disimpan ke dalam kulkas semalaman.

Selanjutnya campurkan bahan kering yaitu tepung terigu dan tepung maizena. Tambahkan sedikit garam dan aduk rata.

Keluarkan ayam dari kulkas, masukkan satu butir telur dan aduk rata. Selanjutnya ambil satu potong ayam, campurkan ke dalam tepung hingga seluruhnya tertutup tepung. Terakhir, goreng hingga matang pada minyak panas.

3. Ayam Goreng Tepung Krispi Cepat Saji

Resep terakhir yaitu menggunakan bahan sebagai berikut, 500 gram ayam yang dipotong sesuai selera, bisa juga di-fillet. 3 siung bawang putih yang digeprek lalu dicincang. 1 sendok teh garam, 1/2 sendok teh kaldu bubuk jamur, 1/2 sendok teh ketumbar bubuk, dan minyak untuk menggoreng.

Sedangkan untuk bahan pelapisnya menggunakan 2 butir telur yang sudah dikocok, 150 gram tepung terigu Kunci Biru, dan garam secukupnya.

Langkah pertama cuci bersih ayam, lalu lumuri dengan cincangan bawang putih, kaldu bubuk jamur, serta ketumbar bubuk. Remas-remas secara menyeluruh agar bumbu menyerap dan merata pada seluruh bagian. Diamkan selama kurang lebih 30 menit atau disimpan semalaman dalam freezer.

Campurkan tepung terigu dan garam hingga rata. Masukkan ayam yang telah didiamkan tadi ke dalam bahan pelapis, yaitu pertama masukkan ke dalam tepung terigu, lalu ke dalam telur, terakhir masukkan kembali ke dalam tepung terigu.

Selanjutnya panaskan minyak untuk menggoreng. Minyak perlu banyak karena memasak harus dengan teknik deep frying agar matang sempurna.

Setelah api panas, masak ayam hingga matang dengan api sedang.

Itulah beberapa cara membuat ayam crispy dengan tepung terigu dan telur. Anda dapat mencoba menggunakan resep yang menurut Anda mudah. Selamat mencoba! (SA)

Baca Juga : Cara Membuat Batagor Sederhana Dari Tepung Terigu

Tinggalkan Balasan