Cara Membuat Bunga dari Plastik Kresek yang Simple Mudah Sederhana
Tutorial Cara Membuat Bunga dari Plastik Kresek yang Simple Mudah Sederhana

Cara Membuat Bunga dari Plastik Kresek yang Simple Mudah Sederhana

Alkisahnews.com – Cara membuat bunga dari plastik kresek yang simple mudah sederhana bisa menjadi pilihan tepat untuk memanfaatkan waktu luang Anda. Anda bisa membuatnya bersama teman, anak, atau bahkan keluarga untuk mengisi family time.

Berikut beberapa inspirasi untuk Anda dalam membuat bunga dari kantong kresek yang indah tanpa mengeluarkan biaya mahal.

Cara Membuat Bunga dari Plastik Kresek yang Simple Mudah Sederhana

Percaya atau tidak, terdapat berbagai kerajinan dari plastik kresek yang mudah dibuat, salah satunya Anda dapat membuat beragam jenis bunga seperti mawar, dahlia, sunflower, daisy, dan lain-lain. Pada artikel kali ini akan kami berikan tutorial membuat bunga mawar dari plastik kresek untuk Anda.

Pertama-tama Anda perlu menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu yang terdiri dari kantong kresek bening ukuran 30 x 35 cm atau bisa warna lain sesuai selera, kawat halus, gunting, dan daun palsu.

Baca Juga : Cara Membuat Suara Menjadi Bagus Dalam Waktu 1 Minggu

Setelah alat dan bahan telah siap, Anda dapat langsung membuat kerajinan tangan ini dengan cara sebagai berikut.
Pertama letakkan plastik kresek dengan rapi, lalu potong di beberapa bagian yang tidak diperlukan, seperti bagian dasar, sambungan pegangan kresek, serta 2/3 dari dasar kresek.

Setelah itu ambil bagian atas dari dasar plastik berbentuk persegi. Potong bagian ini dan bentangkan. Setelah dibentangkan, lipat plastik menjadi dua lapisan.

Kemudian buat lekukan dengan menjepit plastik menggunakan ujung ibu jari dan telunjuk pada bagian lipatan dengan jarak sekitar 1,5 cm. Mudahnya, seperti merobek kertas namun dilakukan secara perlahan dan berulang sehingga plastik tertarik memanjang. Lakukan dengan perlahan untuk mencegah plastik sobek.

Setelah selesai, sisihkan terlebih dahulu bagian ini, dan lanjutkan ke bagian atas plastik.

Bentangkan kresek bagian atas dan lipat memanjang menjadi dua bagian. Buat lekukan seperti cara sebelumnya. Setelah itu, satukan lembaran kresek yang ada menjadi bunga mawar dengan menggulung perlahan pada bagian atas dari ujung ke ujung.

Sedang Trending :  Cara Membuat Ayam Crispy dengan Tepung Sajiku

Lanjutkan dengan menambah potongan plastik lainnya agar gulungan bunga semakin tebal. Setelah itu rapikan bagian lekukan plastik dan selesaikan hingga bagian ujung.

Selanjutnya pindahkan potongan kecil panjang pada bagian atas kantong menuju bawah-tengah gulungan. Ciutkan bagian tengah gulungan menggunakan jari tangan agar tidak terlalu mengembang.

Bunga mawar sudah jadi, namun agar semakin cantik, langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah merapikan mawar dengan memotong tipis ujung-ujungnya.

Setelah itu gunakan kawat halus untuk merapatkan ikatan bunga. Selain itu Anda bisa menambahkan kawat berukuran sedang yang sudah ditempelkan floral tape untuk menjadi tangkai bunga. Jangan lupakan daun palsu yang ditempel pada tangkai yaa, agar bunga Anda semakin cantik.

Itu dia salah satu cara mudah membuat bunga mawar dari plastik kresek. Anda juga bisa membuat menggunakan kresek dengan berbagai warna agar terlihat semakin beragam dan indah.

Manfaat Membuat Bunga dari Plastik Kresek

Selain meningkatkan kreativitas, pembuatan bunga mawar dari kantong kresek ini bisa menjadi langkah untuk recycle plastik, loh. Karena plastik termasuk bahan yang sulit diuraikan maka penggunaannya juga tidak boleh berlebihan.

Adapun bunga mawar yang telah jadi dapat Anda letakkan di dalam vas dan menjadi pajangan baik di ruang tamu atau bagian-bagian lain sebagai hiasan rumah, loh. Atau bisa juga dimanfaatkan sebagai dekorasi gantungan dinding kamar untuk mempercantik kamar Anda.

Anda juga bisa membuat kerajinan dari plastik kresek selain bunga, loh. Beberapa contoh yang bisa menjadi inspirasi Anda antara lain, membuat tas anyaman dari kantong kresek, tempat botol, keranjang belanja, pigura, tempat sampah, tempat pakaian kotor, dan masih banyak ide lainnya. (SA)

Simak Juga : Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Air Mineral

Tinggalkan Balasan