Cara Membuat Suara Menjadi Bagus dalam Waktu 1 Minggu
Tutorial Cara Membuat Suara Menjadi Bagus dalam Waktu 1 Minggu

Cara Membuat Suara Menjadi Bagus dalam Waktu 1 Minggu

Alkisahnews.com – Memiliki suara merdu tentunya menjadi keinginan banyak orang. Ada banyak cara membuat suara menjadi bagus dalam waktu 1 minggu. Cara ini dipercaya bisa menghasilkan suara lantang, tinggi, dan tidak fals.

Walaupun untuk mendapatkan hasil maksimal membutuhkan proses yang panjang, tidak ada salahnya Anda mencoba cara ini. Jika didukung oleh les vokal yang rajin, maka hasilnya akan jauh lebih memuaskan.

Pada dasarnya, makanan minuman yang masuk ke dalam tubuh juga dapat mempengaruhi pita suara seseorang. Oleh karenanya, selalu jaga pola makan dan hidup sehat agar pita suara bekerja optimal saat bernyanyi.

Cara Membuat Suara Menjadi Bagus dalam Waktu 1 Minggu

Selain menjaga pola makan serta menerapkan hidup sehat, Anda dapat mencoba melakukan cara – cara berikut agar suara menjadi bagus. Terapkan secara rutin agar dalam waktu 1 minggu, hasilnya bisa optimal.

1. Konsumsi Air Putih yang Cukup

Pertama, selalu konsumsi air putih yang cukup untuk memperbaiki fungsi seluruh organ dalam tubuh. Setidaknya, konsumsi sebanyak 8 gelas air putih setiap hari supaya tenggorokan tidak mudah serak karena kering.

Dengan begitu, suara Anda bisa jauh lebih lantang juga keras saat digunakan untuk bernyanyi. Kebiasaan minum air putih ini dipercaya mampu membuat suara jadi lebih merdu, bagus, rapi.

2. Minum Wedang Jahe

Cara selanjutnya adalah meminum air atau wedang jahe. Selain khasiatnya menyembuhkan badan yang sakit, wedang jahe sendiri juga dipercaya sebagai ramuan agar suara merdu. Kebanyakan penyanyi juga meminumnya sebelum tampil bernyanyi.

Wedang jahe dapat membantu membersihkan tenggorokan agar suara lebih bersih juga lantang. Caranya cukup mengambil 1 siung jahe berukuran sedang, lalu sedikit pipihkan menggunakan ulekan agar sari – sarinya keluar.

Lalu masukkan ke dalam 1 gelas air mendidih, rebus hingga muncul buih. Kemudian tuangkan ke dalam gelas, lalu minum. Jika dirasa terlalu pedas, tambahkan sedikit madu sebagai alternatif pengganti gula.

Sedang Trending :  Cara Membuat Ayam Bakar yang Enak dan Meresap

3. Minum Jamu Kencur

Selanjutnya adalah meminum jamu kencur yang dipercaya berkhasiat menghasilkan suara merdu serta tidak fals. Selain berguna mengobati penyakit batuk atau tenggorokan, jamu kencur juga berguna menghilangkan lendir penghambat saluran pernapasan.

Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu mencuci kencur dahulu sampai bersih menggunakan air mengalir. Pakai kencur sejumlah kebutuhan Anda, lalu rebus hingga mendidih.

Anda juga dapat membeli jamu kencur siap minum di tukang jamu keliling. Sama seperti wedang jahe, wedang kencur juga bisa ditemukan dalam kemasan sachet siap seduh yang dijual di toko jamu.

4. Tidak Mengonsumsi Makanan Pedas

Hindari konsumsi makanan pedas dan berminyak jika ingin memiliki suara merdu. Sebenarnya mengonsumsi makanan pedas tetap diperbolehkan, namun lebih baik berada pada takaran yang sedikit saja.

Hal ini dikarenakan, makanan berminyak juga pedas tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama bagian tenggorokan. Makanan pedas juga berminyak dapat membuat pita suara mengalami disfungsi.

5. Rutin Melatih Pernapasan

Cara terakhir untuk menghasilkan suara bagus adalah rutin melatih pernapasan. Unsur terpenting dalam bernyanyi ini membutuhkan penerapan teknik yang benar sesuai arahan guru vokal.

Pernapasan dengan teknik yang benar mampu menghasilkan nada rendah maupun tinggi dengan sempurna. Anda dapat melatih pernapasan sendiri di rumah dengan mengikuti petunjuk video dari para guru vokal di YouTube.

Sebenarnya membuat suara menjadi bagus tidak sulit dan mudah diasah. Faktor paling penting adalah menjaga pola makan minum. Lakukan cara agar suara tidak fals di atas untuk menghasilkan vokal yang bagus. (SA)

Tinggalkan Balasan