Cara Membuat Ayam Crispy dengan Tepung Sajiku
Tutorial Cara Membuat Ayam Crispy dengan Tepung Sajiku

Cara Membuat Ayam Crispy dengan Tepung Sajiku

Cara membuat ayam crispy dengan tepung Sajiku sangat sederhana dan mudah dilakukan. Resep ini sering dicari karena ayam crispy atau ayam kentucky dapat dibilang merupakan makanan berat yang populer di Indonesia.

Agar membuatnya lebih crispy, maka perlu baluran tepung terigu dan tambahan bumbu racik sendiri. Tetapi sekarang ada banyak kemudahan untuk membuat ayam crispy lebih cepat tanpa ribet, yaitu menggunakan tepung Sajiku.

Selain digoreng menggunakan minyak yang banyak dan panas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar ayam jadi lebih renyah. Simak penjelasan berikut dan ikuti langkah – langkahnya agar hasil ayam jadi maksimal.

Baca Juga : Cara Membuat Ayam Bakar Yang Enak Dan Meresap

Cara Membuat Ayam Crispy dengan Tepung Sajiku

Berikut ini kami bagi antara bahan untuk pembuatan ayam crispy dengan bahan untuk bumbu marinasinya. Anda dapat menyiapkannya sesuai resep dan mengikuti langkah – langkah pembuatannya.

1. Bahan – Bahan Ayam Crispy

Tahap pertama adalah menyiapkan seluruh bahan berikut untuk pembuatan ayam crispynya. Untuk bumbu – bumbu tambahan bisa disesuaikan dengan selera masing – masing, takaran berikut hanya sebagai patokan saja.

  1. ½ kilogram daging ayam lalu potong menjadi 6 – 7 bagian
  2. 1 sachet tepung bumbu serbaguna Sajiku
  3. Garam secukupnya
  4. Lada bubuk secukupnya
  5. 800 mili air es
  6. Minyak goreng

2. Bahan Bumbu Marinasi Ayam

Agar ayam terasa lebih nikmat, maka perlu dilakukan proses marinasi terlebih dahulu supaya bumbunya meresap sampai ke dalam daging. Anda dapat menyiapkan seluruh bahan – bahan simpel berikut untuk bumbu marinasinya.

  1. 5 siung bawang putih lalu haluskan
  2. 1 ruas jahe dihaluskan
  3. 1 sdt garam
  4. ½ sdt merica bubuk
  5. 1 sdm cabai bubuk (bahan ini sifatnya opsional)

3. Langkah – Langkah Membuat Ayam Crispy

Setelah mempersiapkan bahan untuk ayam crispy serta bumbu marinasinya, maka selanjutnya adalah proses pembuatannya. Untuk membuat ayam goreng tepung sajiku sederhana dapat mengikuti langkah – langkah berikut.

  1. Cuci bersih ayam menggunakan air mengalir, lalu campurkan seluruh bahan bumbu marinasi ayam dan lumuri ke seluruh potongan ayam. Kemudian diamkan di kulkas kurang lebih selama 30 menit.
  2. Bagi tepung menjadi 2 bagian, yaitu tepung basah dan tepung kering.
  3. Masukkan ayam yang sudah dimarinasi tadi ke dalam tepung basah terlebih dahulu, lalu masukkan ke tepung kering. Anda dapat menempel – nempelkan daging ayam ke tepung kering agar membentuk gumpalan.
  4. Siapkan wajan anti lengket, masukkan minyak secukupnya (pastikan nantinya seluruh sisi ayam dapat tenggelam di dalam minyak goreng).
  5. Masukkan ayam, goreng hingga matang serta warnanya kekuningan. Jika sudah matang, angkat lalu tiriskan, Anda dapat menggunakan mesin penyaring minyak agar menghasilkan tekstur lebih crispy.
  6. Sajikan di atas piring dan ayam crispy dari tepung Sajiku dapat dinikmati langsung atau menggunakan nasi hangat.
Sedang Trending :  Resep Ayam Kecap Bango Pedas Manis Spesial

Perlu diperhatikan bahwa adonan tepung basah sebenarnya juga dapat diganti dengan putih telur. Sesudah itu baru dilumuri menggunakan tepung kering, di mana tahap ini sangat penting untuk menentukan seberapa crispy tepungnya.

Saat pelumuran tepung, Anda perlu meremas – remas atau mencubit ayamnya menggunakan ujung jari supaya tepungnya keriting sempurna. Pastikan pula saat tahap penggorengan, menggunakan minyak goreng yang banyak.

Tujuannya agar seluruh sisi ayam bisa matang sempurna dan lebih crispy. Cara membuat ayam crispy dengan tepung serbaguna dari Sajiku ini bisa Anda coba di rumah untuk menyajikan masakan lezat bagi keluarga. (SA)

Simak Juga : Cara Membuat Batagor Sederhana Dari Tepung Terigu

Tinggalkan Balasan