Cara Bayar UT Lewat Internet Banking BRI
Tips Bagaimana Cara Bayar UT Lewat Internet Banking BRI

Cara Bayar UT Lewat Internet Banking BRI dengan Mudah

Alkisahnews.com – Memasuki semester baru, sepertinya Anda perlu tahu cara bayar UT lewat internet banking BRI agar lebih praktis. Dengan cara ini, Anda bisa membayar uang SPP kuliah di Universitas Terbuka dari mana saja secara lebih mudah.

UT atau Universitas Terbuka merupakan salah satu kampus yang cukup populer di Indonesia. Universitas ini telah memiliki berbagai cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini karena UT menawarkan proses belajar yang fleksible sehingga cocok untuk kelas karyawan.

Sama seperti universitas lainnya, UT juga mengharuskan seluruh mahasiswanya untuk membayar uang kuliah tunggal atau UKT setiap semester dengan nominal yang telah ditentukan. Setiap mahasiswa wajib melakukan pelunasan jika ingin bisa mengambil mata kuliah pada semester berikutnya.

Untuk memudahkan mahasiswa, saat ini Universitas terbuka menawarkan banyak pilihan metode pembayaran uang kuliah mulai dari melalui teller bank. ATM hingga melalui layanan internet banking BRI.

Baca Juga : Cek Info Gangguan Bank BRI Hari Ini

Bagi Anda yang igin melakukan pembayaran UT melalui internet banking BRI, simak langkah-langkahnya seperti di bawah ini :

Tutorial Cara Bayar UT Lewat Internet Banking BRI

Membayar uang kuliah Universitas Terbuka melalui internet banking BRI bisa menjadi salah satu pilihan jika ingin praktis dan mudah. Cara ini bisa dilakukan dari mana saya asalkan memiliki koneksi internet yang stabil.

Untuk memulai proses pembayaran UT melalui internet banking BRI ini, berikut cara lengkapnya :

  1. Akses laman ib.bri.co.od melalui browser Anda
  2. Masukkan user ID dan password akun internet banking BRI
  3. Pilih menu Pembayaran
  4. Klik pada opsi BRIVA
  5. Masukkan kode BRIVA Universitas Terbuka (009)
  6. Masukkan nomor billing UT yang terdiri dari 20 digit
  7. Cek detail pembayaran pada halaman konfirmasi
  8. Masukkan PIN BRIVA
  9. Kirim uang untuk pembayaran
  10. Tunggu hingga ada konfirmasi transaksi berhasil
  11. Simpan resi sebagai bukti pembayaran
Sedang Trending :  Cek Info Gangguan Bank BRI Hari Ini dengan Langkah Mudah

Kelebihan bayar ut lewat brimo maupun internet banking BRI ini adalah transaksi bisa dilakukan dimana saja dengan mudah. Dengan begitu, Anda tidak perlu datang ke teller bank atau mesin ATM secara langsung untuk pembayaran uang kuliah UT.

Dalam proses transaksi ini, Anda hanya perlu memastikan memiliki koneksi internet yang stabil. Transaksi bisa dilakukan melalui browser PC atau smartphone dengan mudah dan praktis tanpa perlu mengantri.

Cara Bayar UT Lewat ATM BRI

Jika Anda bermasalah dengan koneksi internet ketika ingin melakukan transaksi cara bayar ut lewat internet banking mandiri maupun BRI, maka dapat memilih pembayaran melalui ATM BRI. Caranya tidak kalah mudah, hanya saja Anda perlu datang ke gerai ATM BRI terlebih dahulu. Langkah-langkah pembayaran UT di ATM BRI adalah seperti berikut :

  1. Cetak lembar informasi pembayaran dari laman sia.ut.ac.id
  2. Datang ke gerai ATM BRI dan masuk menggunakan PIN ATM Anda
  3. Pilih menu Jenis Transaksi
  4. Klik opsi Pembayaran
  5. Pilih menu Transaksi Pembayaran, kemudian klik opsi Pendidikan
  6. Pilih menu Pembayaran Pendidikan
  7. Masukkan kode virtual account UT (009) dan nomor informasi pembayaran
  8. Di Lembar Informasi Pembayaran, klik opsi Benar
  9. Klik Ya pada halaman konfirmasi
  10. Simpan resi sebagai bukti pembayaran

Di jaman yang semakin canggih ini, berbagai transaksi pembayaran memang bisa dilakukan dengan lebih mudah termasuk untuk pembayaran UT. Dengan cara bayar ut lewat m banking bca atau internet banking BRI ini, Anda bisa melakukan transaksi dari mana saja secara mudah, praktis dan cepat. (SA)

Simak Juga : Cara Mencari Bank BRI Terdekat dari Lokasi Saya Sekarang

Tinggalkan Balasan