Kontrak Asuransi Jiwa Tidak dapat Dipindahkan ke Orang Lain

Kontrak Asuransi Jiwa Tidak dapat Dipindahkan ke Orang Lain

Alkisahnews.com – Ketika Anda sudah menjalin kerja sama dengan pihak asuransi, Anda harus memahami satu hal, bahwa kontrak asuransi jiwa tidak dapat dipindahkan ke orang lain. Penyebab dari tidak bisa berpindahnya kontrak asuransi ini adalah dasar dari kontrak yang menyebutkan bahwa polis yang telah disepakati bersifat personal.

Hal ini tidak dapat diganggu gugat, sebab telah terjadi kesepakatan antara pemegang asuransi, dan perusahaan yang menawarkan jasa asuransi.

Personal sendiri berarti merujuk kepada individu. Bisa diartikan per satu orang. Jadi, jika individu telah membuat kesepakatan, maka sebagai di luar pihak, hendaknya menyetujui keputusan yang telah disepakati.

Personal Adalah Dasar Kontrak Asuransi Jiwa Tidak dapat Dipindahkan ke Orang Lain

Saat membuat kontrak asuransi ada hal-hal yang harus kita pahami. Salah satunya adalah dasar kontraknya. Dasar kontrak asuransi biasanya bersifat personal.

Sifat dasar ini membuat asuransi tidak dapat dialihkan, atau klaimnya tidak dapat dilakukan oleh orang lain. Namun, hal itu berbeda kasus ketika orang meninggal.

Ketika meninggal, maka yang ditunjuk sebagai orang yang dapat melakukan klaim asuransi merupakan pihak ahli waris yang telah ditunjuk oleh keluarga dan disahkan secara hukum yang berlaku.

Jadi Anda telah mengetahui dasar kontrak asuransi jiwa, kini Anda juga perlu mengetahui apa yang menjadi keuntungan dari melakukan kesepakatan melalui polis asuransi. Mari lihat keuntungannya.

Sedang Trending :  Premi Asuransi, Ulasan Lengkap Pengertian, Tujuan, Fungsi, Cara Menghitung, dan Cara Membayar

1. Jaminan Ketika Penghasilan Tidak Ada

Ketika Anda bekerja, atau berbisnis, Anda masih bisa mendapatkan pendapatan. Namun berbeda cerita ketika Anda di PHK, atau bisnis Anda mengalami kebangkrutan.

Dengan menggunakan asuransi, Anda bisa menghindarkan diri Anda dari itu semua. Sehingga rasa aman dan nyaman lebih dapat dijamin ketika resiko itu datang.

2. Persiapan Pensiun

Semakin hari, maka semakin tua juga usia Anda. Apabila Anda hendak mempersiapkan pensiun, maka hal tersebut dapat dimulai dari sekarang dengan menggunakan asuransi.

Anda bisa menyetorkan premi setiap bulannya kepada pihak asuransi selama Anda bekerja. Sedangkan hasilnya bisa Anda nikmati dari klaim yang nantinya akan Anda terima.

3. Minimalisir Resiko

Resiko selalu ada dan mengintai ke manapun Anda pergi. Jadi kita perlu menggunakan asuransi untuk melindungi diri dari resiko tersebut. Seperti penyakit, kecelakaan, dan meninggal dunia.

Sifat dari asuransi yang personal ini, pada dasarnya menguntungkan Anda sebagai penerima asuransi. Selain diri Anda dijamin, klaim asuransi juga dapat dijamin.

Sebab, yang bisa melakukan klaim asuransi hanyalah Anda. Setelah Anda meninggal dunia, klaim juga hanya dapat dilakukan oleh ahli waris yang tertunjuk, dan dipayungi oleh hukum. (SA)

Baca Juga : Dalam Asuransi Jiwa Keahlian Seorang Dokter Adalah Nilai Tidak Nyata

Tinggalkan Balasan