Pahami Jenis-jenis dan Strategi Investasi Jangka Pendek untuk Pemula Supaya Nggak Rugi!

Alkisahnews.com – Investasi adalah kegiatan menanamkan dana di sebuah instrumen dengan tujuan mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya dan meminimalkan risiko yang bisa timbul. Sekarang ini, investasi terbaru berbagai jenis, salah satunya investasi jangka pendek. Investasi jangka pendek untuk pemula bisa dibilang menjadi opsi tepat untuk memulai investasi.

Alasan mengapa investasi jenis ini cocok untuk pemula adalah karena dana yang didapatkan bisa cepat dan cenderung mudah dalam mencairkannya. Ini karena sistem investasi jangka pendek adalah mengelola uang yang sudah disetorkan dalam waktu yang singkat.

Nah, sebagai seorang investor yang baru berkecimpung di dunia bisnis, kamu tentunya perlu mengetahui profil dari jenis investasi itu sendiri. Apabila kamu tertarik untuk mencoba investasi jangka pendek, maka artikel ini paling sesuai untuk menambah pengetahuan baru.

Jenis-jenis Instrumen Investasi Jangka Pendek untuk Pemula

Hal pertama yang harus diketahui adalah akan ke mana uang yang kamu tanamkan itu, ini biasa disebut dengan instrumen investasi. Supaya lebih jelas, simak penjelasan di bawah ini!

1. Tabungan

Contoh sederhana dari kegiatan berinvestasi jangka pendek adalah dengan menabung uang di bank. Kamu tentu sering menarik uang di bank kapan pun kamu membutuhkannya, bukan?

2. Deposito

Deposito memiliki fungsi yang mirip dengan tabungan karena berguna untuk menyimpan uang. Akan tetapi, di deposito ini memiliki tenor atau masa jatuh tempo di mana kamu tidak bisa asal mengambil uang karena memiliki jangka waktunya sendiri.

3. Reksadana

Berinvestasi di reksadana merupakan solusi tepat untuk pemula karena uang yang sudah kamu tanamkan nantinya akan dikelola langsung oleh seorang manajer investasi yang pastinya sudah profesional dan memiliki keahlian di bidangnya.

4. Obligasi

Obligasi adalah surat pernyataan utang. Di surat ini, biasanya akan dicantumkan jumlah bunga di setiap pembelian. Bunga itu akan berkembang menjadi keuntungan bagi investornya.

Nah, setelah memahami jenis-jenis instrumen investasi jangka pendek, sekarang saatnya kamu mengetahui bagaimana tips dan strategi dalam melakukan investasi.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Investasi Jangka Pendek

Strategi Penanaman Modal Jangka Pendek

Yang namanya berinvestasi, pastinya kamu menginginkan keuntungan yang besar dan berusaha menekan kerugian yang dapat muncul. Hal ini juga membuktikan bahwa investasi jangka pendek tidak selamanya selalu memberikan keuntungan.

Oleh karena itu, harus ada strategi yang tepat untuk mengelola semua proses berjalannya investasi. Supaya tidak keliru, coba simak beberapa langkah di bawah ini.

1. Menentukan instrumen yang tepat

Sebelumnya kamu sudah mempelajari apa saja instrumen investasi yang bagus untuk pemula. Kamu juga bisa mencari tahu lebih dalam lagi dan mempelajari kira-kira jenis instrumen yang paling sesuai dengan kebutuhan dan modal.

2. Pelajari pergerakan nilai investasi

Apabila kamu sudah terjun ke dunia investasi, jangan panik ketika melihat pergerakan nilai investasi yang kamu lakukan. Inilah pentingnya memiliki ilmu dan keterampilan yang relevan untuk mendukung kamu berinvestasi. Jangan terburu-buru dalam menjual karena bisa had nilai investasinya akan naik.

3. Lakukan diversifikasi

Keamanan dalam berinvestasi juga harus kamu perhatikan. Diversifikasi adalah kegiatan untuk melindungi aset keuangan dari kerugian.

Itu dia penjelasan mengenai serba-serbi investasi jangka pendek untuk pemula. Semoga bermanfaat! (PC)

Simak Juga : Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan