Kelebihan dan Kekurangan Investasi Jangka Pendek
Kelebihan dan Kekurangan Investasi Jangka Pendek

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Jangka Pendek Ini untuk Para Investor Pemula!

Info Kelebihan dan Kekurangan Investasi Jangka Pendek – Alkisahnews.com. Para investor pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis-jenis investasi. Investasi bisa dilakukan dalam jangka waktu pendek atau panjang, atau bisa juga keduanya. Sesuai namanya, untuk investasi jangka pendek, uang kamu akan dikelola kurang dari 1 tahun dan bisa dengan cepat menikmati hasil laba itu. Ini tentu berkebalikan dengan investasi jangka panjang yang bisa dilakukan sampai bertahun-tahun.

Bagi kamu, seorang investor pemula, jenis investasi berjangka pendek ini bisa dibilang lebih cocok daripada jangka panjang. Hal ini karena lebih mudah dikelola dan dana yang dicairkan bisa lebih cepat. Untuk itu, kamu harus memahami dengan benar kelebihan dan kekurangan investasi jangka pendek dan jenis-jenisnya.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Jangka Pendek

Setiap instrumen investasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya yang beragam. Secara umum, kelebihan investasi jangka pendek :

1. Profit yang cepat didapat

Oleh karena durasi yang cepat, otomatis laba yang didapat pun juga bisa cepat, maksimal adalah selama 1 tahun. Paling cepat biasanya 3 bulan, tergantung tujuan investasinya. Ini jelas memberikan keuntungan besar karena kamu tidak perlu menunggu sampai bertahun-tahun untuk mencairkan dana.

2. Bertujuan memenuhi kebutuhan sehari-hari

Tujuan investasi jangka panjang dan pendek jelas berbeda-beda. Dana yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan darurat dan sehari-hari harus memilih yang berjangka pendek, sedangkan apabila kamu ingin menyimpan dana tersebut untuk kebutuhan di masa depan, pilihlah yang berjangka panjang.

3. Dana yang dicairkan bisa fleksibel

Oleh karena lebih mudah dicairkan, dana kamu bisa diambil kapan pun ketika kamu membutuhkannya di saat yang darurat dan mendesak. Dana yang diambil pun bisa sebagian saja atau pun seluruhnya.

4. Bisa ditabung

Setelah kamu sudah menyimpan dana darurat sebelumnya, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari menabung uang tersebut setiap bulannya berdasarkan kenalan nilai investasi.

Baca Juga : Investasi Jangka Pendek Paling Menguntungkan

Di samping keuntungan, investasi jangka pendek pastinya juga memiliki risiko atau kekurangan yang bisa ditimbulkan.

1. Butuh perhatian lebih

Kekurangan dari jenis investasi ini adalah kamu perlu mengawasi pergerakan dari nilai investasi yang dilakukan. Ini karena nilai investasi jangka pendek cenderung tidak stabil.

2. Butuh keahlian khusus

Meskipun investasi jangka pendek terbilang cocok untuk para investor pemula, bukan berarti kamu tidak harus memiliki keahlian khusus untuk mengelola dana yang sudah diinvestasikan.

Seperti yang sudah dijelaskan di poin 1, kamu butuh yang namanya ilmu dan keahlian yang bisa memahami pergerakan nilai investasi, sehingga kamu sudah tahu dan tidak perlu bingung lagi kapan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli.

3. Nilai yang tidak stabil

Inilah yang membedakan investasi jangka panjang dengan pendek. Memungkinkan untuk berkesimpulan bahwa dari hal ini risiko yang ditimbulkan lebih besar pada investasi jangka pendek karena pergerakan nilai investasi yang cenderung tidak stabil atau fluktuatif.

Kesimpulan

Untuk memulai berinvestasi, sebaiknya kamu mengetahui dulu serba-serbi dari jenis investasi yang kamu pilih. Mulai dari pengertiannya, keuntungan dan risiko, serta strategi yang harus dilakukan untuk mendapatkan keuntungan. Semoga dengan artikel mengenai kelebihan dan kekurangan investasi jangka pendek ini, kamu bisa menjadi lebih terbantu dan memberikan banyak pengetahuan baru. (PC)

Simak Juga : Jenis Investasi Jangka Pendek

Tinggalkan Balasan