Jenis Investasi Jangka Pendek
Jenis Investasi Jangka Pendek Yang Perlu Diketahui

4 Rekomendasi Jenis Investasi Jangka Pendek Terbaik

Alkisahnews.com – Saran jenis investasi jangka pendek terbaik dan terpercaya. Berikut akan diuraikan 4 rekomendasi bentuk investasi jangka pendek terbaik yang cocok untuk Anda coba sebagai pemula.

1. Saham

Adapun contoh investasi jangka pendek pertama yang banyak diminati oleh investor adalah saham. Saham adalah surat berharga sebagai bukti kepemilikan atas suatu aset. Walau terkenal dengan investasi jangka panjang, namun ada jenis saham dengan periode singkat.

Saham dalam jangka waktu pendek disebut dengan saham sistem trading. Trading adalah metode pembelian saham dengan menjualnya kembali saat saham tersebut mengalami kenaikan harga. Keuntungan dari system trading ini adalah dapat memperoleh keuntungan hanya beberapa jam saja. Namun menggunakan system ini tidaklah mudah, sebab terdapat beberapa cara – cara serta ilmu dalam mengelola agar untung didapatkan.

Baca Juga : Bentuk Investasi Jangka Pendek Terbaik

2. Deposito

Deposito adalah sebuah produk tabungan dalam dunia perbankan. Deposito dilakukan dengan menyetorkan sejumlah uang dan kemudian mencairkan sejumlah dana dalam jangka waktu singkat. Dalam produk deposito terdapat periode waktu yang digunakan yaitu mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, sampai 2 tahun.

Dalam kebijakannya dana dalam rekening berbentuk deposito hanya dapat ditarik pada waktu yang telah ditetapkan. Sehingga dana deposito tidak dapat dicairkan di luar waktu yang telah ditentuka alias tidak bisa ditarik sewaktu-waktu.

Namun keuntungan dalam produk deposito tingkat keamanan yang terjamin sebab produk deposito telah diawasi Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan jaminan simpanan sampai Rp 2 miliar. Selain itu, deposito juga memiliki suku bunga yang tergolong lumayan tinggi. Sehingg produk investasi ini dapat menjadi salah satu pilihan investasi yang menguntungkan.

3. Reksa Dana

Reksa dana adalah salah satu jenis investasi jangka pendek yang mana dana ini bersumber dari investor publik yang kemudian dana tersebut akan dikelola oleh manajer investasi sehingga memperoleh keuntungan. Dalam produk reksa dana seorang investor tidak perlu lagi memikirkan bagaimana strategi, cara kerja dan cara mengelola dana miliknya.

Saat ini terdapat 2 jenis investasi produk reksadana yang banyak diminati oleh para investor, yakni reksa dana jangka panjang dan reksa dana jangka pendek. Reksa dana jangka pendek adalah bentuk investasi yang bersifat sederhana, likuid dan praktis. Produk ini biasanya terdapat dalam lembaga yang menyediakan pengelolaan dana reksa dengan resiko rendah dan keuntungan yang besar.

Simak Juga : Investasi Jangka Pendek Dalam Akuntansi

4. Fintech Peer to Peer (P2P) Lending

Fintech Peer to Peer (P2P) Lending adalah produk investasi baru yang muncul baru – baru ini di mana investor menanamkan dananya pada UMKM Indonesia untuk dikelola dalam bentuk usaha. Keuntungan dari hasil pengelolaan dana tersebut dapat berbentuk suku bunga dengan jumlah tertentu.

Pada dasarnya waktu periode jenis investasi jangka pendek seperti lending ini bebas dipilih oleh investor. Mulai dari 6 bulan, 1 tahun, sampai 2 tahun. Dengan demikian pengembalian dana lebih cepat. Terdapat berbagai jenis modal yang dibutuhkan untuk berinvestasi yakni mulai dari Rp 100. 000 hingga ratusan juta. (PC)

Tinggalkan Balasan