Investasi Jangka Pendek Adalah Pilihan Tepat Untuk Pemula

Alkisahnews.com – Investasi jangka pendek adalah salah satu cara yang bisa Anda pilih untuk menyimpan dan juga mendapatkan uang. Mungkin bagi Anda yang sudah belajar tentang penanaman modal, jenis investasi waktu pendek sudah cukup sering Anda dengar. Namun, sebenarnya apa saja sih manfaat dari investasi jangka pendek?

Selain investasi jangka pendek, ada juga investasi jangka panjang. Namun, di dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pemodalan jangka pendek.

Investasi Jangka Pendek Adalah Apa?

Penanaman modal waktu pendek adalah salah satu jenis pemodalan yang memiliki kurun waktu 3 hingga 12 bulan. Meskipun durasinya tergolong lebih singkat, namun jenis investasi ini memiliki risiko yang paling kecil. Tak hanya itu saja, sebagai seorang investor, Anda akan mempunyai kemudahan dalam mencairkan aset dibandingkan jenis investasi lain.

Sebagai investor yang melakukan penanaman modal dalam jangka pendek, maka Anda akan memperoleh keuntungan yang dihasilkan oleh perubahan suku bunga. Oleh sebab itu, dalam jangka waktu yang biasanya maksimal satu tahun itu, investor akan mendapatkan keuntungan dengan risiko yang sangat kecil.

Baca Juga : Aplikasi Investasi Jangka Pendek

Keuntungan Investasi Jangka Pendek Untuk Investor

Setelah memahami apa itu pemodalan jangka pendek, kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai keuntungan atau tujuan dari pemodalan jenis ini. Mulai dari kebutuhan menabung dan kebutuhan besar lain, berikut ini adalah beberapa tujuan dari pemodalan jangka pendek.

1. Untuk Menyalurkan Sisa Cash Flow Secara Tepat

Tujuan utama dari investasi jangka pendek adalah untuk menjaga stabilitas cash flow. Hal ini akan membantu Anda untuk menyalurkan sisa dana yang ada di dalam keuangan Anda. Sehingga bisa disimpan dengan lebih bijak pada investasi ini.

2. Mempunyai Passive Income

Jenis penanaman modal jangka pendek biasanya mempunyai kurun waktu yang relatif singkat, yakni maksimal satu tahun saja. Apabila Anda tidak mengambil dana yang disimpan, maka jumlah akhir yang akan Anda peroleh akan bertambah. Hal tersebut terjadi karena perubahan suku bunga yang ada di dalam jenis instrumen yang Anda pilih untuk berinvestasi. Sehingga hal itu akan menyebabkan secara tidak langsung Anda memiliki passive income.

3. Tambahan Modal

Selain mendapatkan keuntungan dari hasil return di akhir durasi investasi, Anda juga bisa mengambil dana investasi Anda sewaktu-waktu. Walaupun ada durasi dalam masa investasi, tapi jika Anda perlu tambahan modal, maka Anda bisa melakukan pencairan dana yang sudah diinvestasikan. Hal tersebut dikarenakan tidak adanya ketentuan khusus mengenai waktu pencairan dana dan juga penalti ataupun sanksi untuk pihak investor.

Itulah beberapa penjelasan mengenai pendanaan jangka pendek dan beberapa tujuan serta keuntungannya untuk Anda. Dari penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa penanaman modal jangka pendek adalah salah satu jenis penanaman modal yang bisa dicoba bagi para investor pemula. (PC)

Simak Juga : Contoh Investasi Jangka Pendek