Catatan Riwayat Hidup Seseorang Yang Ditulis Oleh Orang Lain Disebut Apa
Catatan Riwayat Hidup Seseorang Yang Ditulis Oleh Orang Lain Disebut Apa

Catatan Riwayat Hidup Seseorang Yang Ditulis Oleh Orang Lain Disebut Apa?

Apakah Anda tahu mengenai catatan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain disebut dengan apa? Pada artikel singkat ini kami akan menjelaskannya. Bag para pembaca sekalian yang menginginkan informasi ini maka silahkan disimak dengan baik.

Catatan Riwayat Hidup Seseorang Yang Ditulis Oleh Orang Lain Disebut Biografi

Ya, catatan tersebut sering dikenal dengan nama biografi. Biografi biasanya memiliki muatan kisah mengenai kehidupan seseorang (biasanya merupakan seorang tokoh yang penting baik terkenal atau tidak terkenal). Kebanyakan biografi yang ditulis dan yang ada saat ini adalah biografi yang berasal dari kisah para tokoh-tokoh sejarah baik yang terkenal ataupun tidak terkenal.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang yang lain. Makna ini diambil dari bahasa Yunani dari berasal dari dua kata, yaitu bios yang memiliki arti hidup dan graphien yang bermakna tulis.

Berdasarkan informasi yang ada di situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, biografi bisa mengandung identitas dan peristiwa yang dijalani oleh seseorang. Hal ini termasuk di dalamnya berbagai macam karya yang dilahirkan dan penghargaan yang diterima serta berbagai permasalahan dan pembelajaran yang bisa diambil dari kisah tersebut.

Sedang Trending :  Setiap Warga Negara Pada Dasarnya Memiliki Hak Asasi yang Merupakan Hak Apa?

Ciri-Ciri Teks Biografi

Adapun ciri-ciri dari teks biografi, antara lain:

Memuat fakta

Sebuah biografi harus memuat fakta dari tokoh yang ditulis. Fakta-fakta ini dijelaskan secara naratif. Untuk lebih mendapatkan fakta, teks biografi harus berasal dari hasil wawancara, buku-buku harian, surat-surat yang pernah ditulis, buku referensi ilmiah, atau kliping koran yang memuat kisa tentang tokoh.

Struktur jelas

Penyampaian isi biografi harus jelas dan tidak menimbulkan kebingungan di kalangan para pembaca. Struktur tulisan biasanya bisa dibuat dengan menggunakan alur maju, muncur, ataupun campuran. Penulisan dengan struktur yang kacau akan cenderung membuat pembaca bingung dan gagal dalam mengambil makna dari sebuah biografi.

Bahasa yang lugas

Bahasa yang digunakan dalam penulisan biografi harus jelas dan lugas. Sebaiknya pemakaian majas dan ungkapan dikurangi agar menciptakan biografi yang akurat dan tidak dilebih-lebihkan.

Tinggalkan Balasan