Investasi Jangka Pendek
Investasi Jangka Pendek

Ingin Untung Besar? Ini Dia 4 Jenis Investasi Jangka Pendek Untuk Bisnis Anda

Alkisahnews.com – Dunia investasi saat ini sangatlah digemari. Apalagi dampak pandemi membuat banyak usaha gulung tikar. Salah satu usaha yang masih bertahan adalah investasi. Ada dua jenis investasi yaitu, investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang.

Sebagai pemula pasti ingin mendapatkan untung yang cuku besar dan singkat, pilih investasi jangka pendek untuk pemula. Hal ini karena investasi ini sangat minim risiko. Tidak hanya itu, investasi ini bisa dipelajari dengan mudah. Untuk itu banyak orang gemar memilih investasi yang berjangka pendek.

Kalau Anda tertarik melakukan investasi, ada beberapa informasi yang harus diketahui dan pelajari.

Apa Itu Investasi Jangka Pendek ?

Investasi jangka pendek adalah produk investasi yang ditawarkan suatu lembaga baik negeri atau swasta untuk menyetorkan dana dan dikelola dalam waktu yang singkat. Dari proses pengelolaan tersebut dana dan juga keuntungan bisa dicairkan dalam waktu yang cepat. Melakukan investasi seperti ini bisa dilakukan dalam jangka waktu satu tahun.

Dana yang masuk biasanya akan dikelola atau digunakan untuk produk yang mudah diperjual-belikan. Maka dari itu, risiko yang dialami juga rendah. Apalagi keuntungan yang didapatkan tidak kalah besarnya dengan jenis investasi lainnya.

Tujuan Melakukan Investasi yang Berjangka Pendek

Ada beberapa tujuan dari di adakannya investasi dengan jangka pendek:

  1. Investasi ini sangat cocok digunakan oleh investor pemula supaya memiliki pengalaman lebih dalam bidang investasi.
  2. Tujuan dari investasi ini bisa digunakan untuk menambah pendapat dalam kurun waktu yang singkat.
  3. Bila Anda adalah seorang pengusaha, memilih berinvestasi bisa membantu untuk menambah modal untuk mengembangkan usaha.
  4. Sudah pasti Anda akan mendapatkan tambahan dana dari uang yang sudah diinvestasikan dalam waktu yang cukup singkat.
  5. Investasi juga bisa digunakan sebagai salah satu pasive income dalam pendapatan.

Investasi jangka pendek untuk mahasiswa juga cocok. Hal ini karena tidak akan menyita waktu belajar Anda. Investasi bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Jenis Investasi Jangka Pendek

Investasi jenis ini memiliki banyak macamnya. Anda bisa mempelajari semua jenis-jenisnya sebelum menentukan model investasi seperti yang digunakan. Pasti memilih jenis investasi yang bisa memberikan keuntungan.

1. Investasi Deposito

Deposito adalah contoh investasi jangka pendek yang pertama. Deposito sendiri adalah sebuah produk bank yang digunakan untuk menyetor dan mencairkan dana dalam waktu singkat. Untuk periode depositnya sekitar 1 bulan, 3 bulan, sampai dengan 2 tahun.

Meskipun periode waktunya singkat, deposito tidak bisa diambil setiap saat. Dana ini hanya bisa diambil pada waktu jatuh tempo sehingga tidak fleksibel.

Untuk tingkat keamanan memilih investasi deposito itu tinggi. Bentuk investasi ini sudah diawasi oleh lembaga Penjamin Simpanan.

Suku bunga yang ditawarkan tinggi dan sangat menguntungkan. Itulah alasan mengapa Anda harus memilih investasi jenis Deposito.

2. Investasi Reksadana

Jenis investasi Reksa dana memang tidak terdengar asing. Banyak orang yang mengambil investasi ini. Hal ini karena reksa dana termasuk bentuk investasi jangka pendek terbaik. Reksa dana sendiri adalah sebuah produk investasi yang dana dari investornya akan dikelola oleh manajer investasi untuk memperoleh keuntungan. Dengan cara ini, investor tidak perlu pusing untuk memikirkan strategi ataupun cara pengelolaan investasi.

Dalam investasi reksa dana ada yang berjangka pendek dan panjang. Anda bisa memilih sesuai keinginan. Model yang sering digunakan adalah pasar uang. Selain waktunya singkat, risikonya juga kecil.

3. Investasi Surat Utang Negara ( SUN)

Investasi jangka pendek yang bisa digunakan lagi adalah SUN. Model ini memang sedikit asing. SUN adalah sebuah surat hutang yang dikeluarkan negara untuk investor. Produk ini memberikan keuntungan dan juga aman.

Kenapa? Karena negara yang menjamin langsung pembayaran modal dan bunganya. Risiko yang diberikan juga rendah. Bahkan, Anda tidak harus memulai investasi dengan dana banyak cukup 1 juta saja sudah bisa berinvestasi.

Sistem kerja dari SUN ini, negara akan memberikan surat hutang pada investor. Nah, investor memberikan dana pada negara yang nantinya akan dijadikan sebagai modal pembangunan atau kegiatan lainnya. Dari hasil pengelolaan modal akan berikan ke pada investor dalam bentuk bunga.

Baca Juga : Investasi Jangka Pendek Dalam Akuntansi

4. Investasi Saham

Saham adalah salah satu bentuk investasi yang paling diminati banyak orang. Saham sendiri adalah sebuah surat berharga yang digunakan sebagai bukti atas kepemilikan aset. Memang saham lebih dikenal dengan investasi jangka panjang, tetapi ada jenis saham yang memiliki periode singkat.

Saham yang bisa digunakan dalam jangka pendek adalah trading. Keuntungan dari saham ini bisa di dapatkan dalam jangka waktu perjam, tetapi Anda dituntut harus pandai dalam mengatur strategi supaya untung. Bisa dibilang saham adalah investasi jangka pendek paling menguntungkan. Risikonya pun cukup berat dengan keuntungan yang cukup besar.

Tips Berinvestasi Jangka Pendek yang Menguntungkan

Apapun jenis investasi yang digunakan, tujuan paling utama adalah untuk mendapatkan keuntungan. Untuk mendapatkan keuntungan tersebut ada beberapa cara berinvestasi yang benar.

1. Tentukan tujuan kegiatan investasi Anda.

Jangan pernah berinvestasi dengan asal-asalan. Apalagi hanya mengikuti sebuah tren. Cobalah fokuskan tujuan investasi Anda pada tabungan masa tua atau untuk membangun rumah dan lain sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa fokus dalam menentukan strategi dan memilih instrumen investasi.

2. Memahami sistem kinerja instrumen investasi

Setelah mengetahui tujuan Anda melakukan investasi cobalah mengetahui informasi mengenai investasi di pasaran. Mulai dari jenis, risiko kerugian, sistem kerja, kelegalan produknya, dan lain-lainnya.

Jangan sampai rugi hanya karna tidak memahami instrumen dari produk investasi yang dipilih.

3. Melakukan investasi jangka pendek dengan strategi yang matang

Sebagai pemula memahami tentang berbagai produk investasi serta risikonya adalah hal wajib yang harus dilakukan. Coba untuk memilih tempat investasi terpercaya, misalnya bank. Di sana Anda bisa berkonsultasi dengan CS mengenai cara berinvestasi dengan benar. Tanyakan secara detail sampai Anda paham dan lakukan investasinya.

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Jangka Pendek

Layaknya usaha, investasi juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk kelebihan dari investasi yang berjangka pendek adalah sebagai berikut.

1. Digunakan untuk pencairan uang

Dengan menggunakan investasi ini, pemodal yang ingin mencairkan asetnya tidak membutuhkan waktu yang lama.

2. Bagus untuk pemula

Risikonya yang rendah dan bisa dipelajari dengan mudah sehingga cocok untuk pemula

Kekurangan dari investasi jangka pendek.

1. Waktu jual beli yang susah ditebak

Periodenya yang singkat membuat penentuan jual beli aset sulit dan penuh strategi.

2. Adanya nilai fluktuatif

Nilai asetnya fluktuatif sehingga bisa memperlemah kondisi finansial para investornya. Untuk itu berpikirlah secara matang untuk menentukan jenis investasi mana yang paling bagus.

Nah, itulah sedikit gambaran mengenai investasi jangka pendek. Saat ini sudah banyak aplikasi investasi jangka pendek yang lebih memudahkan Anda dalam mendapat pasive income. Namun, tetap pelajari beberapa strategi dan sistem investasi yang benar. (PC)

Tinggalkan Balasan