Membuat Bisnis Plan Makanan agar Penjualan Lancar Jaya
Membuat Bisnis Plan Makanan agar Penjualan Lancar Jaya

Membuat Bisnis Plan Makanan agar Penjualan Lancar Jaya

Alobisnis.com – Membuat bisnis plan makanan adalah perencanaan awal sebelum usaha benar-benar berjalan. Adanya rencana bisnis ini penting sebagai acuan semua tindakan dalam mencapai tujuan jangka pendek maupun jangka panjang agar usaha langgeng dan mampu bersaing.

Rencana usaha juga dapat diperlakukan sebagai media evaluasi terhadap satu keputusan untuk membuat keputusan lebih baik di hari kemudian. Semakin matang perencanaannya maka semakin mudah dan terarah usaha dijalankan oleh semua tim terlibat.

Pengertian Business Plan Usaha Makanan

Pemahaman terkait rencana usaha F&B akan dimulai dari pengertiannya secara teori terlebih dahulu. Definisi bisnis plan usaha makanan adalah rencana usaha yang dirancang oleh para pemilik ide sebelum usaha berjalan.

Rencana usaha ini bisa meliputi berbagai aspek, mulai dari ide, strategi, pemasaran, operasional, manajemen, keuangan, dan sebagainya. Pembuatan rencana usaha diperlukan sebagai standar atau pedoman tanggung jawab kerja semua tim terlibat.

Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Bisnis Plan Usaha Makanan

Ketika membuat rencana usaha kudapan atau di luar kudapan, terdapat beberapa hal wajib diperhatikan. Kami rinci beberapa hal tersebut menyangkut poin-poin berikut ini:

  1. Ringkasan eksekutif atau berisi ikhtisar ringkas terkait usaha yang dijalankan. Di dalamnya terdapat nama usaha, lokasi dilakukannya usaha, visi misi, produk yang dijual.
  2. Deskripsi usaha sebagai bagian penting guna menjelaskan usaha secara detail untuk menarik konsumen dari proses a sampai selesainya di z.’
  3. Sebutkan produk maupun layanan yang diberikan, mulai dari harga, supplier barangnya, kelebihan berikut kekurangan barangnya, sampai dengan merek dagang.
  4. Menjabarkan strategi pemasaran ketika menjalankan usaha nantinya.
  5. Rencana desain berikut pengembangan agar usaha tidak sekedar menjual barang, akan tetapi berkembang menjadi lebih besar kian waktu berjalan.
  6. Finansial menjadi poin tidak kalah penting karena menopang semua kegiatan.

Ketika semua hal di atas sudah diperhatikan maka usaha dapat dijalankan sesuai rencana yang dibuat. Perancangan rencana usaha bukan hanya bersifat teori, namun juga mesti dipraktikkan sesuai aturan yang dari awal dibuat.

Contoh Bisnis Plan Makanan Pisang Ajib

Kami memberikan contoh usaha kudapan pisang ajib sebagai gambaran secara teoritis ketika Anda hendak menyusunnya. Contoh tersebut dapat dilihat dari ilustrasi berikut:

1. Struktur Organisasi

Yang termasuk ke dalam struktur organisasi adalah:

  1. Nama Perusahaan: Pisang Bakar Ajib
  2. Bentuk Perusahaan: Pengelolanya satu orang
  3. Jenis Usaha: Makanan ringan
  4. Alamat: Jalan Hayam Wuruk, Kota Yogyakarta

2. Visi Misi

Visi: Menjadi usaha makanan ringan yang memanfaatkan buah pisang sebagai buah dengan dominasi terbanyak di seluruh penjuru Indonesia.

Misi:

  1. Memproduksi dan menjual pisang bakar terlezat di Yogya
  2. Menjamin kualitas produksi dengan menerapkan prinsip kebersihan
  3. Menjalin kerja sama bisnis dengan para pengusaha lainnya
  4. Menjalin komunikasi efektif dengan mitra maupun konsumen
  5. Menciptakan lapangan kerja

3. Deskripsi Usaha

Pisang bakar ajib adalah sebuah usaha kudapan sederhana asal Indonesia, Yogyakarta yang dibuat dengan racikan bumbu rahasia. Kudapan ini cocok dinikmati sambil ditemani secangkir kopi maupun teh pada siang atau malam hari.

4. Pemilik Usaha

  • Pendidikan Terakhir: Sarjana Tata Boga
  • Pengalaman Kerja: Koki kapal pesiar tahun 2012-2017

5. Segmentasi Pasar

Untuk memenuhi rencana usaha pisang bakar ajib, kami menetapkan segmentasi pasar untuk usia 12 tahun ke atas. Masyarakat Yogyakarta khususnya bisa membeli pisang bakar ajib secara online maupun offline.

6. Estimasi Jumlah Produk Awal Produksi

  1. Harga: Rp2.500
  2. Lokasi: Jalan Malioboro
  3. Kuantitas: 100 pcs
  4. Jumlah: Rp500.000
  5. Estimasi permintaan pasar: dua kali lipatnya atau 200 pcs.

7. Keunggulan dan Kekurangan

Kami menawarkan berbagai keunggulan yang belum tentu didapatkan pada kompetitor produk serupa, diantaranya:

  1. Cita rasa bumbu lebih lezat
  2. Variasi topping lebih banyak
  3. Harga terjangkau
  4. Tersedia layanan offline dan online

Namun, kami juga menyadari dalam pembuatan rencana usaha ini harus mengetahui kekurangan yang dimiliki. Adapun kekurangan dari pisang bakar ajib meliputi:

  1. Ada banyak jenis bisnis serupa
  2. Harga bersaing dengan kompetitor
  3. Tantangan menaikkan engagement untuk penjualan online

8. Detail Produksi

Pisang yang kami gunakan adalah pisang kepok. Kami bekerja sama dengan petani pisang setempat dan membeli dengan harga menjanjikan untuk para petani. Pisang yang baru matang dari pohon akan segera diproduksi ke dapur.

9. Pendapatan

Modal awal untuk produksi pisang bakar ajib sebesar Rp1.000 per pcs. Jika sehari laku Rp1000 pcs maka pendapatan per harinya Rp1.000.000 kotor. Per bulan sama dengan Rp30.000.000.

Namun, setelah dikurangi berbagai biaya, total pengeluaran kurang lebih Rp10.000.000. Artinya, pendapatan bersih per bulan sama dengan Rp20.000.000.

10. Pemasaran

Strategi pemasaran bisa dari berita orang terdekat, promosi di media sosial, blog, dan sebagainya. Berbagai hal penting ini mesti dipertimbangkan secara matang sebagai bisnis plan makanan pada saat bisnis beroperasi. (SA)

Tinggalkan Balasan