Kapan Manajemen Itu Muncul
Kapan Manajemen Itu Muncul ?

Kapan Manajemen Itu Muncul ? Ini Penjelasannya !

Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang “Kapan Manajemen Itu Muncul” ? Pada tahun berapa? Buat Anda yang bertanya serupa maka silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Sejarah Manajemen

Ilmu manajemen telah ada semenjak puluhan ribu tahun yang lalu. Ini dibuktikan dengan keberadaan Piramida di negara Mesir. Loh apa hubungannya? Ya, karena piramida tersebut dibangun dalam waktu 20 tahun oleh sebanyak 100 ribu orang.

Proses pembangunan piramida ini sudah pasti tidak akan terlaksana atau menemui banyak hambatan yang bisa menggagalkannya bila tidak direncanakan dan diorganisasikan. Para pekerja yang jumlahnya ratusan ribu dan bahan bangunan yang bentuknya besar dan berat tidak akn tersusun secara baik bilamana tidak ada organisir yang baik selama proses pembangunan. Nah, itu termasuk ilmu manajemen.

Contoh yang lain adalah kota pusat perdagangan dan perekonomian di Negara Italia semenjak 1400 tahun yang lalu, yaitu Kota Venesia. Penduduk kota Venesia di 1400 tahun yang lalu mulai membangun banyak perusahaan bisnis di kota tersebut. Bisnis yang dibangun tidak langsung besar, akan tetapi bermula dari bisnis skala kecil.

Jadi, Kapan Manajemen Itu Muncul ?

Untuk menjawab ini maka mari kita simak penjelasan perkembangan manajemen dari Daniel Wren. Beliau adalah profesor di Universitas Negeri Florida dan ahli dalam manajemen dan bisnis. Beliau menceritakan ilmu manajemen berkembang ke dalam empat tahapan. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Sedang Trending :  Jelaskan Investasi Mempunyai Dua Peran Penting Dalam Pembangunan Ekonomi ?

1. Fase 1 : Pemikiran Awal Manajemen

Fase ini terjadi sebelum abad ke 20. Dalam waktu ini terdapat dua peristiwa penting yaitu terbitnya buku Adam Smith yang berdoktrin tentang keunggulan ekonomis yang didapatkan dari pengorganisasian dan pembagian kerja. Peristiwa yang kedua adalah revolusi industri diInggris.

2. Fase 2 : Era Manajemen Sains

Era ini bermula di tahun 1911 dimana Frederick Winslow Taylor menulis bukunya yang berjudul Principles of Scientific Management. Di sini beliau menuturkan manajemen sains sebagai pemanfaatan metode ilmiah dalam memilih cara terbaik dalam penyelesaian pekerjaan.

3. Fase 3 : Era Manusia Sosial

4. Fase 4 : Era Modern

Era ini dicirikan adanya konsep manajemen kualitas total di abad ke dua puluh. Konsep ini dikenalkan oleh W. Edwards Deming dan Joseph Juran. Deming memiliki berpendapat bahwasanya mayoritas permasalahan dalam kualitas bukan pada kesalahan para pekerja akan tetapi pada sistem yang dijalankan.

Kesimpulan

Jadi, simpulannya adalah manajemen itu muncul sudah sejak dahulu. Bilamana ditinjau dari pendapat para ahli maka manajemen itu sudah mulai dikenali sebelum abad ke 20. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan