Mengapa Investasi Ekonomi Rakyat Perlu Mendapatkan Perhatian Khusus dari Pemerintah

Mengapa Investasi Ekonomi Rakyat Perlu Mendapatkan Perhatian Khusus dari Pemerintah ?

Mengapa investasi ekonomi rakyat perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah ? Apakah Anda memiliki pertanyaan serupa? Tentunya untuk menjawab pertanyaan ini kita harus memahami apa investasi ekonomi kerakyatan tersebut. Mari kita simak di sini.

Peningkatan investasi diyakini memberikan pengaruh dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Dalam kajian ekonomi makro, investasi dimasukkan sebagai komponen pendapatan nasional, PDB (Produk Domestik Bruto) atau GDP (Gross Domestic Product).

Investasi Ekonomi Rakyat dan Pertumbuhan Ekonomi

Investasi memiliki koneksi yang bersifat positif dengan PDB tersebut. Ini maksudnya adalah bilamana jumlah investasi naik maka nilai PDB juga akan naik. Hal itu juga akan terjadi sebaliknya ketika nilai investasi mengalami penurunan maka sudah barang tentu nilai PDB akan mengalami penurunan (atau bisa secara relatif)

Menurut Harrod-Domar, untuk meningkatkan perekonomian diperlukan modal. Penyelenggaraan modal ini termasuk pengeluaran yang akan menambah kesanggupan suatu perekonomian dalam memproduksi barang atau jasa sebagai pengeluaran yang menambah jumlah permintaan seluruh masyarakat.

Baca Juga : Jelaskan Investasi Mempunyai Dua Peran Penting Dalam Pembangunan Ekonomi

Jawaban Mengapa Investasi Ekonomi Rakyat Perlu Mendapatkan Perhatian Khusus dari Pemerintah

Investasi akan meningkatkan kapabilitas proses produksi barang maupun jasa. Hal ini bisa diartikan sebagai “engine growth” Oleh sebab itu, nilai pertumbuhan ekonomi bisa dinilai dari peningkatan ekspor dan investasi.

Sedang Trending :  Berikut Ini yang Bukan Tujuan Pembangunan Kelautan Adalah Apa?

Tambahan lagi, Harrod-Domar memberi penekanan akan pentingnya suatu perekonomian untuk menyediakan porsi tertentu dari pendapatan skala nasionalnya untuk substitusi barang-barang modal semisal gedung, material, atau peralatan yang telah rusak untuk usaha meningkatkan perekonomian. Oleh sebab itu, dibutuhkan investasi baru sebagai stok penambah modal.

Investasi mempunyai nilai tawar dan posisi yang sangat strategis dalam proses pertumbuhan ekonomi nasional. Ini seringkali menjadi syarat tertentu dalam menciptaan pertumbuhan ekonomi yang stabil dan mantap (steady state growth) untuk pembangunan yang lancar dan tidak mangkrak.

Nah, dengan menjaga investor yang sedang melakukan investasi dan menambah calon investor maka itu sama saja dengan menyiapkan pertumbuhan ekonomi dengan pembangunan infrastruktur dan iklim bisnis. Hal ini nantinya akan membuka lapangan pekerjaan bagi rakyat sehingga mengurangi angka pengangguran dan menambah pendapatan perkapita rakyat.

Nah, itu tadi alasan mengapa investasi ekonomi rakyat perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Semoga bermanfaat. (ME)

Tinggalkan Balasan