Jelaskan Investasi Mempunyai Dua Peran Penting Dalam Pembangunan Ekonomi
Penjelasan Mengenai Investasi Mempunyai Dua Peran Penting Dalam Pembangunan Ekonomi

Jelaskan Investasi Mempunyai Dua Peran Penting Dalam Pembangunan Ekonomi ?

Tahukah Anda apa peranan investasi dalam pertumbuhan ekonomi? Bilamana tidak tahu yuk simak penjelasan mengenai fungsi dari kegiatan investasi dalam skala nasional terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara.

Investasi merupakan salah satu indikator yang penting yang menentukan apakah pembangunan ekonomi nasional ke depan akan bergerak maju atau tidak. Oleh sebab itu, segala bentuk kegiatan dan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah harus juga mempertimbangkan para investor yang sedang berinvestasi ataupun calon investor.

Oleh karena itu, peningkatan investasi ini sangat dipercaya memberikan pengaruh yang besar kepada pembangunan suatu negeri. Berikut ini kami jelaskan investasi mempunyai dua peran penting dalam pembangunan ekonomi. Silahkan simak di bawah ini.

Peranan Penting Investasi Dalam Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara

Adapun peranan dari investasi terhadap perkembangan ekonomi suatu negeri ada dua hal, antara lain:

1. Investasi Memiliki Pengaruh Terhadap PDB

Pendapatan nasional suatu negara atau PDB sangat berhubungan dengan investasi. Investasi yang berbentuk penanaman modal akan memberikan dampak yang positif kepada proses produksi suatu bisnis. Peningkatan produksi dalam bisnis ini juga akan meningkatkan konsumsi rumah tangga.

Nilai PDB yang naik akan memberikan dukungan kepada pemerintah untuk melakukan pembangunan. Pemerintah akan giat membangun infrastruktur.

Ibarat kata pepatah, sekali dayung maka dua tiga pula terlampaui. Hal itu juga terjadi pada pembangunan negara. Dengan Infrastruktur yang baik maka akan mendukung pertumbuhan ekonomi sekaligus menambah minat investor untuk melakukan investasi di Indonesia. Investor yang lama pun akan semakin yakin menambah modalnya di suatu negara bilamana pembangunan infrastrukturnya berkelanjutan.

Sedang Trending :  Keuntungan Utama Ekspor adalah Keuntungan Dalam Bentuk Mata Uang Asing yang Disebut Apa?

2. Investasi Menumbuhkan Iklim Bisnis

Dengan semakin ramai kegiatan ekonomi investasi maka akan banyak pula jenis bisnis baru yang akan bermunculan. Hal ini terutama akan dirasakan dalam kelas kecil dan menengah atau UMKM. Itulah mengapa para UMKM sangat mengeluh ketika terjadi wabah pandemi COVID-19 karena banyak investor yang menarik uangnya dan negara mengalami kekurangan modal.

Nah, kedua hal di atas adalah hasil yang ditimbulkan oleh suatu peran penting dari investasi. Meskipun akan banyak hal yang akan mempengaruhi, akan tetapi investasi memegang peranan yang sangat penting akan kestabilan pembangunan infrastruktur dan iklim bisnis.

Investasi Yang Baik Akan Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwasanya investasi yang baik dengan modal yang dipergunakan tepat sasaran akan membantu pembangunan infrastruktur dan menumbuhkan iklim klinis. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan lapangan pekerjaan karena banyak sektor usaha yang tumbuh yang menyerap banyak sumber daya alam dan sumber daya manusia.

Untuk pertanyaan jelaskan investasi mempunyai dua peran penting dalam pembangunan ekonomi sudah kami jawab. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan