Cara Melihat Aplikasi yang Terhubung dengan Akun Google

Cara melihat aplikasi yang terhubung dengan akun Google bisa dilakukan menggunakan smartphone dengan mudah. Menghubungkan aplikasi dengan satu akun Google memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihannya adalah tidak perlu lagi melakukan pendaftaran dari awal. Cukup masukkan akun Google, maka dapat langsung mengakses aplikasi tersebut.

Sedangkan kekurangannya adalah ada celah keamanan privasi anda. Semakin banyak menghubungkan aplikasi dengan satu akun Google, maka keamanan privasi semakin terancam.

Dampaknya, semua layanan Google seperti Gmail, Gdrive, Youtube, dan lain sebagainya bisa rentan terkena retas. Meski demikian, hal ini kemungkinannya cukup kecil karena Google memliki sistem keamanan yang sangat baik.

Tapi, sebagai pengguna harus tetap waspada dan mengetahui aplikasi apa saja yang terhubung. Jika dirasa aplikasi tersebut membahayakan privasi, maka Anda bisa menghapusnya.

Oleh sebab itu, pada pembahasan kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara untuk melihat aplikasi yang terhubung dengan akun Google. Simak selengkapnya berikut ini.

Cara Melihat Aplikasi yang Terhubung dengan Akun Google

Untuk menjaga keamanan privasi dan data diri, Anda harus selalu mengetahui aplikasi yang digunakan. Sebab, dalam satu aplikasi sudah menyimpan data diri yang diperoleh dari akun Google.

Selain mengetahuinya, Anda juga harus memastikan keamanan dari aplikasi tersebut. Agar dapat melihat aplikasi apa saja yang terhubung dengan akun Googgle, Anda bisa melakukannya dalam beberapa langkah, yaitu:

  1. Buka akun Google melalui browser atau dapat langsung mengakses myaccount google com.
  2. Jika belum login, maka silahkan login terlebih dahulu.
  3. Pilih menu ‘keamanan’.
  4. Pilih ‘kelola akses pihak ketiga’.
  5. Jika sudah, maka semua aplikasi yang terhubung dengan akun Google akan muncul.
  6. Anda bisa menentukan apakah aplikasi tersebut ingin dibiarkan atau justru ingin dihapus.
  7. Jika ada aplikasi yang ingin dihapus, maka klik pada aplikasi tersebut dan pilih ‘Hapus Akses’.
  8. Setelah hapus akses aplikasi tersebut sudah tidak akan terhubung dengan akun Google anda. Tapi, bukan berarti di uninstall.
Sedang Trending :  Cara Mengembalikan Email yang Terhapus Permanen di Gmail

Tapi jika Anda mendaftar hanya menggunakan akun gmail, maka aplikasi tidak akan tertaut dengan akun Google. Jadi, Anda tidak dapat melihatnya dengan cara di atas.

Sebagai pengguna aplikasi, pastikan Anda harus tetap update mengenai aplikasi apa saja yang tertaut dengan akun Google. Sehingga, Anda bisa melakukan kontrol dengan mudah untuk melindungi privasi. (SA)

Tinggalkan Balasan