Cara Menonaktifkan Mesin Google Text to Speech
Tips Praktis Cara Menonaktifkan Mesin Google Text to Speech

Cara Menonaktifkan Mesin Google Text to Speech

Cara menonaktifkan mesin Google Text to Speech ternyata sangat mudah. Meski fitur ini sangat berguna, tapi terkadang juga mengganggu. Apa lagi jika Anda memang tipe orang yang lebih suka menggunakan teks.

Google Text to Speech merupakan layanan dari Google yang mampu mengubah suatu teks menjadi ucapan secara otomatis dengan sistem fonetisasi. Fonetisasi sendiri adalah penyusunan fonem hingga menjadi ucapan.

Fungsi yang paling nampak dari fitur ini adalah saat menggunakan mesin pencari, Anda tidak perlu mengetik lagi keyword. Tapi, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan kata-kata.

Misalnya dengan fitur ‘Halo Google’ dan fitur lainnya. Layanan ini juga akan membuat kata atau gampar yang disentuh pada layar ponsel diucapkan oleh sistem Google.

Hal ini yang membuat pengguna kurang nyaman dengan layanan Google Text to Speech. Apa lagi jika sedang di acara khusus yang cukup sakral. Tentunya akan sangat memalukan jika tiba-tiba ada suara dari ponsel anda.

Bagi Anda yang merasa terganggu dan tidak begitu membutuhkan layanan ini, maka simak cara menonaktifkannya di bawah ini.

Baca Juga : Cara Mengetahui Orang yang Sering Melihat Facebook Kita Tanpa Aplikasi

Cara Menonaktifkan Mesin Google Text to Speech

Meski memiliki banyak fungsi yang membantu pengguna smartphone, tapi layanan ini cukup mengganggu dan menghabiskan kuota. Sebab, layanan ini ingin selalu diupdate secara berkala dan membutuhkan banyak kuota.

Sedang Trending :  Cara Membuka Email Orang Lain di Gmail

Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang ingin mematikannya. Jika masih bingung bagaimana cara menonaktifkan layanan Google Text to Speech, simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka menu setting atau pengaturan di smartphone Anda.
  2. Pilih pengaturan lainnya, letak menunya paling bawah jadi Anda harus scroll.
  3. Pilih menu aksesibilitas yang terletak di bawah.
  4. Pilih menu ‘select to speak’ atau ‘klik untuk diucapkan’.
  5. Matikan fitur tersebut dengan mengetuk tombol menu on/off yang berada di samping ‘klik untuk diucapkan’.

Pengaturan di atas dapat digunakan untuk semua jenis smartphone. Dengan mematikan fitur tersebut, ponsel Anda tidak akan mengeluarkan suara jika ada teks atau gambar yang dipilih.

Dengan mematikan fitur tersebut, Anda juga tidak akan memperoleh notifikasinya. Sehingga, Anda tidak akan terganggu lagi dengan fungsi fitur tersebut.

Meski Google Text to Speech memiliki banyak manfaat bagi pengguna smartphone, tapi beberapa pengguna tidak membutuhkannya. Oleh sebab itu, Anda bisa menonaktifkannya dengan cara di atas. (SA)

Simak Juga : Cara Membuka Email Orang Lain di Gmail

Tinggalkan Balasan