Studi Kelayakan Bisnis Adalah
Pengertian Studi Kelayakan Bisnis Adalah Apa? Simak Disini!

Studi Kelayakan Bisnis Adalah Apa? Ini Tujuannya

BisnisAlkisah News. Studi kelayakan bisnis adalah suatu studi untuk menentukan apakah suatu proyek bisnis memiliki nilai yang layak untuk dijalankan.

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana nanti saat akan buka sebuah bisnis? Nah, sebelum membukanya ada bermacam hal yang harus Anda ketahui dan bahkan pahami. Salah satunya yang perlu dipahami tersebut adalah studi kelayakan bisnis nya. Ini akan membantu Anda untuk mengukur bagaimana peluang bisnis yang akan Anda mulai.

Fokus dari studi kelayakan bisnis ini untuk mengenali kemungkinan masalah yang akan muncul dalam usaha, supaya bisnis yang hendak digerakkan bisa tahan lama dan jauh dari kata rugi. Selain mengenali potensi masalah yang mungkin akan muncul, studi ini juga harus memberikan solusi yang bermanfaat sesuai dengan bisnis masing-masing.

Pengertian Studi Kelayakan Bisnis

Sebenarnya apa itu studi kelayakan bisnis? Studi kelaikan suatu bisnis ini adalah tahapan awal dalam membangun suatu bisnis yang baru. Studi ini akan membantu calon pelaku bisnis untuk mengenal potensi problem yang akan muncul secara kritis. Selain itu, dipertimbangkan juga berbagai macam solusi yang bisa dilakukan untuk mengurangi akibat buruk danri potensi masalah yang ada.

Tujuan Studi Kelayakan Bisnis

Ada 5 faedah dan fungsi dari studi kelaikan bisnis, yakni seperti berikut.

1. Mempermudah Rencana Usaha

Arah study kelaikan usaha untuk mempermudah rencana usaha. Pebisnis akan memperoleh info yang terkait dengan usaha yang hendak dirintis saat menganalisis kelaikan usaha. Info mengenai kekurangan dan kelebihan usaha pasti benar-benar diperlukan.

Sedang Trending :  Menambang Rupiah dari Tanaman Hias Selama Pandemi

2. Melancarkan Pelaksanaan Bisnis

Oleh karena keberadaan kajian kelayakan bisnis, Anda bisa menjalankan bisnis dengan lebih mudah dan praktis. Pebisnis bisa memandang dan menilai program dan peraturan yang mana yang lebih efisien diaplikasikan. Dengan begitu, penerapan usaha akan lebih fokus pada usaha meningkatkan keuntungan.

3. Mengurangi Risiko Kerugian

Salah satunya faedah study kelaikan usaha yang berikutnya adalah mengecilkan resiko rugi. Dengan melakukan analisis kelayakan suatu bisnis maka risiko kerugian bisa dihindari atau minimal dikurangi. Dalam hal ini, pebisnis bisa lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi potensi kerugian.

4. Mempermudah Poses Pemantauan dan Evaluasi

Hasil laporan dari studi yang dilakukan akan kita dapatkan dalam bentuk data. Data-data ini bisa menjadi bahan untuk analisis dalam melakukan evaluasi proses bisnis yang sedang berjalan. Ini bisa menjadi pedoman bagi para pebisnis untuk melakukan rencana dan langkah ke depan.

5. Mempermudah Proses Kontrol Mutu

Saat memulai usaha, Anda harus siap hadapi beragam keadaan, terhitung saat dijumpai berbagai macam permasalahan dan penyelewengan. Peranan hasil laporan study kelaikan usaha sebagai dasar untuk tentukan faktor yang mengakibatkan permasalahan. Pebisnis pasti bisa ambil langkah pas bila sudah mendapati pokok permasalahannya. (SPN)

Tinggalkan Balasan