Cara Mengembalikan Email yang Terhapus Permanen di Gmail
Cara Mengembalikan Email yang Terhapus Permanen di Gmail

Cara Mengembalikan Email yang Terhapus Permanen di Gmail

Cara mengembalikan email yang terhapus permanen di gmail digolongkan penting. Apalagi masalah berhubungan dengan hilangnya pesan cenderung mudah ditemui. Tidak menutup kemungkinan terjadi pada Anda dan merepotkan.

Terlebih pesan Google tersebut memiliki fungsi sangat besar seperti tugas maupun pekerjaan. Termasuk harus segera diselesaikan karena memiliki deadline tersendiri. Tidak heran membuat panik kalau sampi hilang sepenuhnya.

Tapi Anda jangan pasrah terlebih dahulu karena ada titik terang untuk memulihkannya. Tentunya menjadi kabar gembira supaya tidak kehilangan pesan tersebut. Apalagi langkahnya sederhana dan efektif setelah dipakai.

Cara Mengembalikan Email yang Terhapus Permanen di Gmail Terbaru

Gmail termasuk sebagai platform yang paling banyak dipakai user internet. Tidak heran mereka membuat banyak langkah atau panduan bagi user. Termasuk yang sedang kehilangan pesan mereka disebabkan dihapus permanen.

Meski begitu Gmail telah membuat cara khusus yaitu dengan adanya fitur pengembalian. Tentu dari namanya dipakai sebagai langkah kembalinya pesan. Anda masih dapat membatalkan deleted message bahkan semua isinya.

User dimungkinan memakai trik ini pada platform versi PC/dekstop beserta mobile. Supaya lebih mudah, tidak ada salahnya menggunakan dari mobile dulu. Terbilang ampuh mencegah supaya pesan Anda tidak menghilang.

Sedang Trending :  Cara Mengetahui Orang yang Sering Melihat Facebook Kita Tanpa Aplikasi

Panduan pertama yaitu klik Conversation Moved to Trash. Hal ini selalu muncul jika kita akan menghapus salah satu pesan dalam Gmail. Selanjutnya Anda hanya perlu menekan Undo untuk melakukan pencegahan.

Bila sudah klik Undo, otomatis langsung masuk lagi pada Inbox. Begitu juga kalau aslinya ada dalam folder lainnya pada platform tersebut. Kemudian bisa dibuka maupun Anda akses pemakaian seperti semula.

Khusus prosedur ini setelah masuk folder Trash lalu detele, artinya done. Tidak dapat dipulihkan kalau sepenuhnya Anda hapus. Cara mengatasinya pasti dengan meminta pengiriman ulang dari pesan tersebut.

Jadi, kalau dianggap nantinya akan penting jangan langsung Anda delete. Tidak masalah dimasukkan pada trash karena bisa terhapus sendiri. Meski begitu menunggu 30 hari sehingga kalau tidak dipakai menghilang.

Sebenarnya terdapat beberapa aplikasi yang mengklaim bisa mengembalikan kalau terhapus sepenuhnya. Meski begitu terkadang memiliki banyak risiko. Jadi, disarankan supaya menggunakan cara aman saja supaya pesan aman. (SA)

Tinggalkan Balasan