Hal Pertama Dalam Tahapan Pengelolaan Sumber Daya Manusia Bisnis Retail Adalah
Ilustrasi Tahapan Pengelolaan Sumber Daya Manusia

Hal Pertama Dalam Tahapan Pengelolaan Sumber Daya Manusia Bisnis Retail Adalah Apa?

Kami akan membagikan jawaban perihal tentang “hal pertama dalam tahapan pengelolaan sumber daya manusia bisnis retail adalah” apa yang sering ditanyakan oleh banyak para pebisnis retail pemula. Hal ini sangat bermanfaat untuk memeprsiapkan berbagai macam langkah dalam melakukan manajemen pengelolaan SDM bisnis kita.

Poin Poin Penting Dalam Tahapan Pengelolaan Sumber Daya Manusia Bisnis Retail

Adapun hal pertama dan utama dalam tahapan dan langkah manajemen sumber daya manusia bisnis retail adalah yaitu:

1. Proses Rekrutmen

Proses ini sangat penting untuk dilakukan. Dalam proses ini para pebisnis bisa menentukan kriteria sumber daya manusia yang dibutuhkan. Sebelum melaksanakan proses ini ada baiknya para pebisnis pemula untuk memetakan model dan jenis bisnis retailnya. Dengan demikian akan diketahui apa-apa saja yang dibutuhkan oleh bisnis kita dari segi kuantitas dan kualitas sumber daya manusia

2. Orientasi

Setelah mendapatkan sumber daya manusia yang kita butuhkan sesuai dengan analisis kebutuhan bisnis kita maka langkah selanjutnya adalah memberikan orientasi kepada para SDM. Proses ini mutlak untuk dilakukan untuk lebih mengenalkan SDM tentang bisnis retail yang kita jalankan. Proses ini juga dapat dijadikan sarana untuk menyamakan persepsi antara pemilik bisnis dan para SDM nya.

Sedang Trending :  Promosi Penjualan Seperti Pedang Bermata Dua

3. Pembinaan

Kegiatan pembinaan ini termasuk hal pertama dalam tahapan manajemen sumber daya manusia bisnis retail adalah yang penting. Pembinaan ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk menyamakan kualitas sumber daya manusia yang kita miliki.

4. Training Keahlian Teknis

Kegiatan training keahlian teknis ini sebenanrnya hampir sama dengan kegiatan pembinaan. Namun, kegiatan ini lebih berfokus pada hal-hal yang teknis yang bentuk dan jenis kegiatannya sakan sangat mungkin bisa berbeda antara satu kelompk SDM dengan SDM lainnya di bisnis retail yang sedang berjalan.

5. Pembinaan Antar Pribadi

Kegiatan yang satu ini bertujuan untuk membangun komunikasi yang baik antara sesama sumber daya manusia. Diharapkan dengan komunikasi yang baik ini maka jalannya bisnis retail akan lebih lancar dan sukses.

6. Pemberdayaan

7. Continous improvement, dan

8. Membangun kesepakatan karyawan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai hal pertama dalam tahap pengelolaan sumber daya manusia bisnis retail adalah dari kami. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan