Apa bedanya internet banking dan mobile banking
Perbedaan internet banking dan mobile banking

Apa Bedanya Internet Banking dan Mobile Banking ?

Mungkin masih banyak orang kebingungan apa bedanya internet banking dan mobile banking. Padahal mungkin layanan perbankan ini merupakan salah satu teknologi yang sering mereka gunakan.

Kedua layanan ini memang menjadi salah satu inovasi memudahkan untuk segala proses perbankan. Dengan adanya layanan tersebut, maka proses seperti transfer uang, cek mutasi, cek saldo, dan pembayaran menjadi lebih mudah.

Apa Bedanya Internet Banking dan Mobile Banking Itu?

Meskipun sama-sama bisa dilakukan dari manapun, namun nyatanya kedua layanan ini memiliki pengertian berbeda. Baik internet maupun mobile banking, keduanya memiliki platform nya tersendiri.

1. Internet Banking

Dari namanya, maka internet banking adalah kegiatan terkait perbankan yang akan Anda lakukan melalui layanan website milik bank yang sudah dilengkapi sistem keamanan. Layanan ini cukup diakses menggunakan browser.

Nantinya, layanan ini cukup menggunakan user id, password dan juga token yang berupa kode OTP. Untuk mendapatkan semua hal tersebut, maka langkah yang perlu Anda lakukan cukup dengan mendaftar ke kantor cabang terdekat.

Nantinya, Anda akan mendapatkan user id dan password untuk log in, dan juga alat untuk memasukan token. Setelah mendapat semua hal itu, maka Anda sudah bisa menggunakan semua layanan internet perbankan ini.

Sedang Trending :  Hosting Terbaik Indonesia: 9 Faktor Penentu Kualitas Layanan

2. Mobile Banking

Sementara, mobile banking merupakan sebuah layanan yang diberikan bank untuk nasabahnya agar bisa melakukan transaksi hanya lewat handphone. Nantinya, nasabah cukup menggunakan sebuah aplikasi.

Aplikasi tersebut merupakan aplikasi perbankan milik bank yang bisa Anda gunakan untuk kepentingan perbankan. Anda bisa menggunakannya mulai cek saldo, mutasi, transfer, pembayaran, dan juga pembelian.

Bahkan saat ini, dengan menggunakan aplikasi tersebut maka Anda bisa melakukan tarik tunai tanpa kartu di mesin ATM. Cara ini tentu akan memudahkan dan menghemat banyak waktu. Ini juga merupakan cara yang sangat praktis.

Agar bisa menggunakan layanan ini, maka yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pendaftaran ke bank untuk aktivasi layanan. Baru selanjutnya Anda bisa mendownload aplikasi perbankan ini.

Jika dilihat dari penjelasan di atas, maka perbedaan utama dari internet dan mobile banking adalah pada metode akses. Jika internet membutuhkan browser dan internet, maka mobile banking membutuhkan sebuah aplikasi dan tentunya koneksi data. (SA – www.alkisahnews.com)

Tinggalkan Balasan