Internet memiliki 2 sistem penamaan host antara lain
Ilustrasi Internet

Internet Memiliki 2 Sistem Penamaan Host Antara Lain Apa Saja?

Internet memiliki 2 sistem penamaan host antara lain dikenal dengan istilah URL dan IP address. URL banyak digunakan untuk mengakses alamat suatu website. Contohnya seperti www.alkisahnews.com.

Berbeda dengan IP address yang jarang digunakan secara umum karena sulit untuk mengingatnya. Penomoran dengan berbasis IP sangat unik karena hanya dimiliki satu komputer yang terhubung internet.

Hubungan antara keduanya terdapat dalam sebuah sistem bernama DNS (Domain Name System). DNS sendiri merupakan aplikasi service, fungsinya yaitu menerjemahkan domain name ke IP address dan sebaliknya.

Keunggulan dari DNS antara lain mudah digunakan karena pengguna hanya perlu mengingat hostname tanpa perlu menghafal IP address. Selain itu bersifat konsisten dan simpel karena pengguna hanya memakai satu domain.

Internet Memiliki 2 Sistem Penamaan Host Antara Lain Adalah Apa Saja?

Anda harus mengenal terlebih dahulu jenis-jenis sistem penamaan host dalam internet. Berikut penjelasan lebih lengkapnya yang harus Anda simak hingga akhir.

1. URL

URL atau kependekan dari Uniform Resource Locator memiliki fungsi sangat penting. Salah satunya untuk mengakses informasi di internet. Karakter URL sendiri digunakan sebagai penamaan file yang terdapat di website.

Sedang Trending :  IP Address Kelas A Diberikan untuk Jaringan dengan Jumlah Host

Adanya karakter URL ini mempermudah para pengguna untuk mengingat alamat dokumen yang pernah diakses. Selain itu, berfungsi mengidentifikasi dokumen maupun gambar di sebuah website.

Contohnya http://www.alkisahnews.com/keuntungan-rajin-berolahraga-pagi. Apabila diuraikan maka https adalah protokol yang berperan sebagai website. Selanjutnya, www merupakan nama host untuk mengenali situs di internet.

Alkisahnews.com merupakan domain utama pada situs tersebut. Sedangkan, pada bagian terakhir manfaat-mengkonsumsi-buah-dan-sayur itu adalah nama file yang akan Anda akses.

2. IP Address

IP (Internet Protocol) address berfungsi mengidentifikasi semua perangkat yang tersambung ke jaringan internet. Cara kerjanya yaitu komputer akan terhubung dengan router jaringan.

Selanjutnya, router melakukan komunikasi dengan server agar dapat mengakses file untuk dikirim ke komputer lagi. Baik router, komputer maupun server masing-masing mempunyai IP address yang dapat dikenali.

Kedua sistem penamaan host pada internet tersebut sangat penting untuk diketahui, mengingat fungsinya yang begitu penting. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengenal pengertian URL dan IP address beserta fungsinya. (SA – Alkisah News)

Tinggalkan Balasan