berfungsi untuk membedakan network ID dengan host ID
Network ID dan Host ID

Apa Yang Berfungsi untuk Membedakan Network ID dengan Host ID

Bagi Anda yang menempuh pendidikan komputer, pasti pernah mendapatkan pertanyaan yang berfungsi untuk membedakan network ID dengan host ID adalah? Pertanyaan ini sendiri biasanya dibuat dalam bentuk pilihan ganda. Jadi ada beberapa opsi jawaban yang bisa dipilih.

Adapun beberapa opsi jawaban tersebut adalah Host ID, Network ID, Subnet Mask, Broadcast Address dan Network Address. Diantara beberapa opsi di atas, Mana jawaban yang tepat untuk melengkapi pertanyaan di atas? Mari kita bahas hal ini satu persatu.

Berfungsi untuk Membedakan Network ID dengan Host ID Adalah Apa?

Kelima istilah di atas sangat umum digunakan dalam dunia komputer. Tentu saja istilah tersebut memiliki pengertian dan fungsi masing-masing. Agar jawabannya bisa ditemukan, mari kita bahas pengertian istilah tersebut masing-masing.

A. Host ID

Host ID merupakan digunakannya untuk memperlihatkan sebuah host dalam jaringan. Jadi setiap interface jaringan wajib memiliki Host ID yang unik. Selain itu host ID juga digunakan untuk menampilkan host TCP/IP, server, router hingga work station.

B. Network ID

Mirip dengan Host ID, Network ID memiliki fungsi untuk memperlihatkan ID jaringan dimana komputer Anda berada. Sama seperti host, jaringan sendiri juga memiliki ID yang unik dan berbeda satu sama lain. Network ID sendiri merupakan bagian dari IP Adress.

Sedang Trending :  Harga Laptop ASUS ROG Paling Murah

C. Subnet mask

Subnet mask adalah sebuah istilah dalam dunia teknologi Informasi. Istilah satu ini berfungsi untuk membedakan Network ID dan Host ID. Subnet mask juga menentukan porsi Network D dan Host ini dengan menggunakan kode biner dan memilih paket data remote atau local.

D. Broadcast address

Broadcast address merupakan istilah yang menunjukkan IP Address paling akhir dari sebuah jaringan. Berbeda dengan IP yang lain, Broadcast address ini sama sekali tidak bisa digunakan untuk kepentingan apapun.

E. Network address

Jika Broadcast Address adalah alamat paling ujung, maka Network Address adalah alamat paling depan pada sebuah jaringan. Sama seperti broadcast, alamat terdepan ini juga tidak bisa digunakan untuk kepentingan apapun.
Dengan melihat penjelasan yang sudah kami berikan di atas maka jawaban yang paling tepat untuk mengisi pertanyaan tersebut adalah D. Subnet Mask. Jawaban lain kurang tepat karena memang tidak sesuai dengan pertanyaannya. (SA – Alkisah News)

Tinggalkan Balasan