Pusat koneksi untuk traffic jaringan komputer host berupa
Pusat koneksi untuk traffic jaringan komputer host berupa apa saja?

Pusat Koneksi untuk Traffic Jaringan Komputer Host Berupa

Terkait pusat koneksi untuk traffic jaringan komputer host berupa router. Istilah router akrab dengan internet network. Sebab, memang secara umum fungsinya mengelola lalu lintas network serta membagikan koneksi internet ke perangkat yang lain.

Namun, sebenarnya bukan hanya itu saja, masih banyak fungsi lainnya yang jarang disadari oleh banyak orang. Apa sajakah? Simak pada pembahasan berikut untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya.

Lanjutan Pembahasan Mengenai Pusat Koneksi untuk Traffic Jaringan Komputer Host Berupa

Router sebagai pusat koneksi traffic untuk jaringan komputer host memiliki banyak fungsi. Bila Anda tertarik ingin atau akan menggunakannya, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa fungsinya, antara lain:

1. Menghubungkan Network

Router memiliki fungsi pertama yaitu menghubungkan jaringan terhadap satu perangkat maupun lebih. Jadi, pengguna bisa mengirimkan paket data internet dari satu network ke yang lain.

Proses koneksinya bekerja melalui pendistribusian IP address kepada setiap perangkat komputer dalam network. Baik secara statis maupun DHCP atau dinamis.

2. Melakukan Proses Transmisi Informasi

Fungsi berikutnya router adalah melakukan transmisi informasi atau data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Untuk sistem kerjanya sendiri mirip dengan networking bridge atau jembatan jaringan.

Sedang Trending :  Serial Laptop ASUS ROG Gokil Murah

Jadi, jaringan internet dijembatani supaya data dari sebuah network bisa digunakan oleh lainnya. Situasi ini memungkinkan router membuat lalu lintas internet secara mandiri walaupun asalnya dari network utama yang sama.

3. Menghubungkan Jaringan dengan Koneksi DSL

Router bisa menjalankan fungsi menghubungkan network terhadap koneksi DSL atau Digital Subscriber Line atau DSL router. Melalui DSL router ini, Anda bisa memakai sambungan kabel LAN maupun menggunakan teknologi wireless.

4. Packet Filtering

Fungsi terakhir adalah packet filtering, atau menyaring paket data internet yang sedang beroperasi pada sebuah network. Prosesnya dilakukan dengan memakai aturan penyaringan lewat alamat IP, port TCP, opsi IP, jenis pesan ICMP dan UDP.

Tujuan dari penyaringan atau filtrasi ini yaitu menunjang kinerja jaringan internet. Selain itu, untuk mencegah adanya gangguan berupa broad storm yang dapat membuat internet lambat.

Terlepas dari berbagai macam fungsinya, router berperan penting dalam suatu internet network. Bahkan untuk jenisnya juga beragam. Berdasarkan mekanisme, ada statis, dinamis dan wireless dengan keunggulannya masing-masing. (SA)

Tinggalkan Balasan