Dibutuhkan untuk membuat halaman web selain hosting

Dibutuhkan untuk Membuat Halaman Web Selain Hosting

Dibutuhkan untuk membuat halaman web selain hosting ada banyak, salah satunya domain. Bila diibaratkan dengan rumah, supaya dapat dikunjungi dibutuhkan alamat bernama domain. Lalu, apakah perbedaannya dengan alamat IP?

Dibandingkan menuliskan angka IP yang bisa dibilang cukup rumit, Anda hanya perlu mengetikan nama domain pada mesin pencarian agar situs bisa terbuka. Jadi, keduanya sama-sama akan membawa ke situs yang dituju.

Tapi, lebih mudah bila memakai domain. Selain domain, ada juga aspek lainnya seperti control panel serta theme dan plugin yang biasanya diperlukan dalam membuat halaman website. Untuk lebih detailnya, Anda bisa menyimak uraian berikut.

Penjelasan Lanjutan Terkait yang Dibutuhkan untuk Membuat Halaman Web Selain Hosting

Hosting merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan seluruh data atau file, sehingga mampu di akses oleh banyak orang lewat internet. Mengenai jenis file ini beragam, bisa gambar, email, video, aplikasi, script maupun database.

Anda tidak bisa membuat sebuah website tanpa adanya hosting ini. Bila diibaratkan dengan rumah, hosting adalah luas tanah untuk membangunnya. Bukan hanya hosting, domain, control panel serta theme dan plugin perananannya juga tidak kalah penting.

Sedang Trending :  Cara Melihat Nama Kontak Kita Di HP Orang Lain Dengan Aplikasi Get Contact

1. Domain

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa domain adalah alamat website. Untuk 1 alamat, hanya bisa digunakan bagi 1 pemilik saja. Alamat web ini terdiri atas nama serta ekstensi. Contoh ekstensi domain yang sering dipakai adalah .com atau .org.

2. Control Panel

Dalam sebuah pengelolaan website, control panel ini berperan menghubungkan antara hosting dengan domain. Melalui control panel, untuk menjalankan perintah hanya memerlukan beberapa klik saja.

3. Theme dan Plugin

Theme dan plugin bila diibaratkan dalam rumah adalah perabotnya, Jadi, fungsi theme untuk membuat tampilan website lebih cantik. Terkait ini, desainnya menyesuaikan dengan selera setiap pemiliknya.

Sedangkan plugin fungsinya untuk mengoptimasi website. Misalnya seperti plugin SEO, image compression, cache dan masih banyak lainnya. Jadi, fungsi dari website tersebut menjadi lebih maksimal.

Bagi Anda yang ingin atau akan membuat halaman website, sebaiknya tidak hanya memperhatikan bagian hostingnya saja. Tapi juga perhatikan control panel serta theme dan plugin supaya website yang dimiliki lebih maksimal pengelolaannya. (SA)

Tinggalkan Balasan