Bernyanyi dengan cara menyanyikan lagu satu suara disebut
Ilustrasi Bernyanyi Satu Suara

Bernyanyi dengan Cara Menyanyikan Lagu Satu Suara Disebut Apa?

Bernyanyi dengan cara menyanyikan lagu satu suara disebut dengan bernyanyi Unisono. Secara etimologi unisono berasal dari gabungan kata uni dan sono. Uni artinya satu dan sono memiliki arti suara.

Bernyanyi merupakan kegiatan kesenian yang digemari oleh banyak orang baik dari kalangan muda ataupun dewasa. Kegiatan ini bisa dilakukan seorang diri atau pun dilakukan beramai-ramai bersama kelompok.

Kegiatan bernyanyi kelompok biasanya dapat dilakukan dengan beberapa suara, seperti satu suara, dua suara, tiga suara dan seterusnya. Menyanyikan lagu bersama dengan satu suara disebut dengan bernyanyi unison.

Jadi bernyanyi unisono adalah menyanyikan lagu dengan satu suara oleh sekumpulan orang. Penyanyi harus kerja sama dan saling peduli agar suara yang dihasilkan bersama menjadi harmoni.

Bernyanyi dengan Cara Menyanyikan Lagu Satu Suara Disebut Apa?

Bernyanyi unisono adalah kegiatan olah suara dalam jumlah banyak orang dengan satu suara. Semua penyanyi harus banyak berlatih vocal agar bisa menyesuaikan tinggi atau rendahnya nada bersama-sama.

Tujuannya adalah membuat suara dan nada dapat selaras agar hasilnya dapat dinikmati para pendengar. Baik itu intonasi, artikulasi, resonansi, phraserung, teknik pernapasan, dan lain sebagainya harus selaras.

Sedang Trending :  Apa yang Dimaksud dengan Karya Aplikasi dan Cara Membuatnya

Kegiatan bernyanyi dengan menyanyikan lagu satu suara dalam kelompok atau unisono biasa dilakukan dalam paduan suara. Dalam paduan suara tentu terdapat banyak jenis suara yang bergabung menjadi satu.

Jenis suara yang dimaksud adalah suara sopran, tenor, bas dan alto. Saat bernyanyi bersama dan dalam notasi lagu penyanyi bertemu dengan tanda unisono maka semua penyanyi harus menyanyikannya dalam satu suara.

Semua suara akan melebur menjadi satu dan dinyanyikan secara bersama-sama. Tentu tidak semua lagu dapat dinyanyikan dengan cara unisono, sebagai contoh lagu yang bisa dinyanyikan unisono adalah lagu daerah.

Ada banyak judul lagu daerah yang bisa dinyanyikan secara unisono. Sebagai contohnya saja lagu apuse dari Papua, atau ada juga lagu Tokecang dari Jawa Barat. Semua lagu daerah tersebut bisa dinyanyikan secara unisono.

Sebelum menyanyikan lagu dengan satu suara atau unisono perlu adanya latihan vocal bersama dengan sungguh-sungguh. Setelah menemukan harmoni dalam nyanyian barulah dapat tampil dengan lebih memukau. (SA)

Tinggalkan Balasan