Sifat Kemagnetan Suatu Logam Dapat Dihilangkan dengan Cara Berikut Kecuali
Ilustrasi Sifat Kemagnetan Suatu Logam

Sifat Kemagnetan Suatu Logam dapat Dihilangkan dengan Cara Berikut Kecuali

Setiap logam, memiliki sifat magnetnya masing-masing, ada yang kuat dan lemah sifat kemagnetan suatu logam dapat dihilangkan dengan cara berikut kecuali dengan didinginkan. Mari disimak penjelasannya.

Magnet, merupakan kekuatan daya tarik sebuah logam kepada logam lain, dan juga tolakan satu logam ke lainnya. Ada logam yang memiliki magnet kuat, lemah, dan tidak memiliki sama sekali.

Magnesia merupakan asal kata magnet. Diambil dari Yunani Kuno, dan konon merupakan jenis tambang yang banyak di salah satu pulau pada negara Yunani.

Magnet sendiri memiliki sifat untuk menarik, kemudian pada setiap magnet ada dua kutub, baik itu N ke S, A ke B, dan lain sebagainya. Daya tolak magnet akan muncul ketika kutub yang sama dipertemukan.

Magnet juga dapat kehilangan daya tariknya karena beberapa hal seperti terjatuh, dialiri listrik, kemudian dipanaskan. Semua cara menghilangkan kemagnetan bisa dilakukan. Namun dengan didinginkan, ternyata sifat magnet tidak dapat hilang.

Sifat Kemagnetan Suatu Logam dapat Dihilangkan dengan Cara Berikut Kecuali Apa?

Daya tarik, maupun daya tolak magnet dapat hilang, karena kutubnya yang juga hilang. Hilangnya kutub ini dipengaruhi oleh perbedaan dan pergeseran elemen-elemen pada magnet.

Jika dipanaskan, magnet akan meningkat suhunya. Kemudian setelah meningkat, susunan elemen pada magnet berubah. Bukan hanya kutubnya saja yang bergeser, namun juga dapat mengulangkan elemen kemagnetan.

Sedang Trending :  Berikut Ini yang Bukan Merupakan Struktur Penyusun Bumi Adalah Apa?

Kemudian magnet juga dapat berubah susunannya ketika dialiri listrik. Dengan arus bolak-balik. Listrik mengandung unsur elektron mengacak unsur pada magnet, yang pada akhirnya mengubah susunan magnet menjadi logam biasa.

Saat magnet terjatuh, dampak dari benturan juga mengubah susunan magnet yang ada pada sebuah logam. Benturan ini memang tidak langsung berdampak pada magnet.

Namun benturan ini akan menggeser sususan magnet dan akhirnya meutus aliran magnet pada logam. Hingga akhirnya logam itu sudah tidak memiliki daya tarik maupun tolak lagi.

Namun jika didiiginkan, magnet tidak akan kehilangan daya tariknya. Mengapa demikian? Pendinginan tidak menggeser unsur penting dalam magnet. Jadi unsur tetap berada di tempat yang sama.

Tempat yang sama itu, akhirnya menjaga magnet tetap memiliki daya tarik dan daya tolak. Sehingga hal itu tidak akan mempengaruhi unsur magnet yang ada.

Jadi, magnet pada dasarnya tidak akan menjadi logam biasa ketika didinginkan. Pengaruh magnet pada logam akan tetap dan tidak akan hilang, karena pendinginan tidak menggeser unsur apapun dalam magnet. (SA)

Baca Juga : Berikut ini yang bukan merupakan struktur penyusun bumi adalah apa?

Tinggalkan Balasan