Apa faktor yang menyebabkan meningkatnya permintaan smartphone
Ilustrasi Peningkatan Permintaan Smartphone

Apa Faktor yang Menyebabkan Meningkatnya Permintaan Smartphone ?

Apa faktor yang menyebabkan meningkatnya permintaan smartphone tidak terlepas dari Indonesia menjadi pasar ponsel sangat menjanjikan di dunia. Peningkatan ini sendiri dapat terlihat dari banyaknya vendor yang gencar merilis berbagai tipe baru.

Sebenarnya, Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang terlambat dalam perkembangan ponsel. Meski demikian, beberapa tahun terakhir cukup banyak perusahaan manufaktur global mulai mengincar pasar tanah air.

Apalagi saat ini hampir setiap orang memiliki smartphone sendiri untuk membantu dalam berbagai kebutuhan sehingga dicari oleh banyak konsumen. Bukan hanya sebagai media berkomunikasi jarak jauh saja, namun juga untuk aktivitas lainnya.

Apa Faktor yang Menyebabkan Meningkatnya Permintaan Smartphone ?

Ada beberapa faktor utama yang membuat permintaan ponsel semakin meningkat dari waktu ke waktu. Berikut adalah penjelasan peningkatan ponsel di pasar Indonesia selama beberapa tahun terakhir.

1. Pertumbuhan Ekonomi

Indonesia menjadi negara dengan perkembangan ekonomi yang tumbuh semakin pesat sehingga daya beli masyarakat juga ikut meningkat. Ponsel menjadi salah satu barang dengan konsumen cukup banyak, bahkan terdapat lebih dari 280 juta penggunanya.

Dengan pertumbuhan ekonomi ini, pemerintah juga sedang berfokus dalam pengembangan smartphone saat ini. Tidak mengherankan jika pemerintah menginginkan adanya produksi smartphone hingga 35 juta unit setiap tahun dari 2017 hingga seterusnya.

2. Harga Ponsel Turun

Selain pertumbuhan ekonomi meningkat, faktor peningkatan permintaan smartphone adalah harganya semakin turun. Jika harga rata-rata tahun lalu adalah sekitar Rp2,5 juta, kini turun hingga sekitar Rp2,3 juta per unit.

Bukan hanya itu, kerja sama antara vendor dan perbankan dengan memberi cicilan 0 persen juga menjadi faktor tambahan. Dengan cicilan ringan tersebut akhirnya mendorong penjualan smartphone karena keinginan masyarakat dapat terpenuhi lebih mudah.

3. Layanan Data Murah

Penggunaan internet kini semakin meluas, bahkan menjadi hal sangat penting untuk berbagai aktivitas baik pelajar maupun pekerja. Jika sebelumnya internet menjadi sesuatu yang cukup mahal, kini layanan data menjadi lebih murah.

Tidak hanya itu saja, penggunaan jaringan juga semakin maju dari 3G hingga kini berkembang menjadi 4G. Hal inilah pada akhirnya membuat masyarakat membeli smartphone sehingga dapat mengakses layanan tersebut.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pasar ponsel cukup tinggi. Hal tersebut tidak terlepas dengan faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya permintaan konsumen terhadap barang dengan teknologi terbaru tersebut. (SA – Alkisah News)

Tinggalkan Balasan