Sebutkan langkah-langkah pembuatan montase dan mozaik
Sebutkan langkah-langkah pembuatan montase dan mozaik yang harus dilakukan

Sebutkan Langkah-Langkah Pembuatan Montase dan Mozaik ?

Semakin ke sini banyak pertanyaan muncul seperti sebutkan langkah-langkah pembuatan montase dan mozaik. Jika Anda penasaran dengan proses pembuatannya, mulailah mempelajari langkah-langkah dari awal sampai akhir.

Sebelum mengetahui langkah membuat karya tersebut, montase dibuat dengan menggabungkan banyak gambar untuk dijadikan satu tema. Sedangkan karya mozaik dibuat dari potongan bahan kecil yang disusun sampai membentuk tema tertentu.

Baik montase ataupun mozaik bisa dibuat dengan langkah yang sama, karena prinsipnya menempelkan bahan-bahan sesuai tema keinginan. Anda dapat membuat mozaik dan montase sendiri tanpa harus mengalami kesulitan.

Ingin tahu apa saja tahapan membuat montase sekaligus mozaik secara tepat? Jangan sampai lewatkan ulasan ini. Kami akan menyebutkan secara lengkap proses pembuatan mozaik dan montase khusus bagi Anda.

Baca Juga : Bagaimana cara memilih pewarnaan pada mozaik ?

Sebutkan Langkah-Langkah Pembuatan Montase dan Mozaik

Dalam membuat montase atau mozaik, diperlukan langkah lengkap agar bisa menciptakan karya terbaik. Agar tidak mengalami kesalahan, ikutilah langkah lengkap dalam pembuatan mozaik sekaligus montase di bawah ini.

1. Tentukan Tema

Tahap pertama yang harus dilakukan sebelum membuat karya tersebut, Anda diwajibkan menentukan tema. Banyak tema yang bisa dibuat sesuai keinginan mulai dari bangunan, tokoh idola, keragaman budaya, dan lainnya.

Sedang Trending :  Tuliskan Perbedaan Bahan yang Digunakan dalam Karya Seni Aplikasi dan Karya Seni Mozaik

2. Buat Rancangan Montase dan Mozaik

Supaya proses pembuatan karya berlangsung lancar, buatlah rancangan dari montase dan mozaik dengan menggambar di kertas. Proses ini dapat Anda lakukan dengan mudah sehingga tidak perlu mengalami kendala.

3. Kumpulkan Bahan-Bahan

Jika ingin membuat mozaik, pastikan mengumpulkan bahan-bahan seperti kaca, kayu, daun, keramik, dsb. Hampir mirip, pembuatan montase memerlukan bahan berupa kumpulan gambar-gambar yang nantinya disatukan sesuai tema.

4. Potong Bahan Sesuai Rancangan

Langkah berikutnya, potonglah seluruh bahan yang terkumpul menyesuaikan rancangan di selembar kertas. Anda harus memotong bahan dengan ukuran yang tepat supaya tidak terlalu besar untuk menempati rancangan gambar.

5. Rekatkan dengan Lem

Tahap terakhir dalam membuat mozaik ataupun montase, Anda tinggal merekatkan bahan-bahan ke rancangan dengan memakai lem. Pastikan seluruh bahan sudah merekat secara kuat supaya karya mozaik dan montase tahan lama.

Setelah melewati serangkaian langkah-langkah tersebut, Anda dapat memasang karya sebagai hiasan seperti ditempel di dinding rumah. Sekarang Anda sudah paham bahwa pembuatan montase dan mozaik ternyata sangat mudah. (SA)

Simak Juga : Manakah karya seni yang merupakan karya seni kolase montase mozaik dan aplikasi ?

Tinggalkan Balasan