Lagu ampar ampar pisang berasal dari
Ilustrasi Lagu ampar ampar pisang

Mengenal Lagu Ampar Ampar Pisang Berasal dari Daerah Mana ?

Lagu ampar ampar pisang berasal dari Kalimantan Selatan. Lagu ini menjadi salah satu lagu daerah di Indonesia. Lagu daerah sendiri menjadi salah satu kebanggaan dan bukti kekayaan di Indonesia.

Setiap daerah memiliki lagu daerah dengan ciri khasnya masing-masing. Biasanya sebuah lagu daerah memiliki cerita tersendiri di dalamnya yang berkaitan erat dengan sejarah pada daerah tersebut.

Lagu ampar ampar pisang adalah salah satu lagu daerah yang banyak dikenal masyarakat di luar Kalimantan Selatan. Hal ini terbukti sering dijadikan sebagai contoh lagu daerah pada pembelajaran seni budaya.

Banyak yang berusia anak-anak menjadikan lagu ini sebagai sebuah permainan. Tentunya tidak terlepas dari temponya yang cepat dan menyenangkan serta membawa suasana bahagia saat menyanyikannya.

Makna Lagu Ampar Ampar Pisang Berasal dari Kalimantan Selatan

Lagu ini memang menggambarkan kesenangan saat menyanyikannya dalam permainan. Akan tetapi, dibalik itu semua lagu ampar ampar pisang memiliki makna yang menceritakan kehidupan di daerah Kalimantan Selatan.

Lagu ini diciptakan menggunakan bahasa Banjar oleh Hamiedan AC. Meskipun demikian, liriknya mudah dibaca karena memang mirip dengan kosakata yang ada dalam bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Sedang Trending :  Bagaimana Langkah Menghias Karya dengan Teknik Aplikasi ?

Lagu tersebut menceritakan kebiasaan dan budaya di tengah masyarakat Kalimantan Selatan. Salah satu kebiasaannya adalah mengamparkan atau menjemur buah pisang sebagai makanan khas daerah sana.

Di daerah tersebut lagu ini sering dijadikan iringan saat anak-anak bermain. Selain itu, lagu ini juga menggambarkan masyarakat setempat yang gemar menyusun buah pisang yang akan dimasak.
Ketika sudah dimasak, meskipun hanya satu buah anak-anak akan memakannya bersama-sama. Makanan yang digambarkan pada lagu tersebut juga disebut dengan Rimpi oleh masyarakat Kalimantan Selatan.

Makanan Rimpi biasanya memiliki aroma harum sehingga disukai binatang kecil yang bisa terbang. Di dalam lagunya juga digambarkan makna makanan ini di dalam liriknya yaitu bari-bari.

Karena menggambarkan tentang kebiasaan masayarakat di Kalimantan Selatan, lagu ini memiliki makna yang mengesankan. Kita bisa mengenal kebiasaan masyarakat setempat melalui lagu ampar ampar pisang.

Setiap lagu daerah memiliki ciri khasnya masing-masing ketika dinyanyikan dengan makna tersendiri. Biasanya berkaitan dengan tempat asal lagu tersebut, seperti lagu ampar ampar pisang dari Kalimantan Selatan. (SA)

Tinggalkan Balasan