Gambar yang digunakan untuk acuan bentuk dalam pembuatan kolase disebut
Ilustrasi Gambar yang digunakan untuk acuan bentuk dalam pembuatan kolase disebut apa?

Gambar yang Digunakan Untuk Acuan Bentuk Dalam Pembuatan Kolase Disebut Apa?

Gambar yang digunakan untuk acuan bentuk dalam pembuatan kolase disebut dengan sketsa. Sebelum membuat kolase yang diinginkan, Anda perlu membuat sketsa agar prosesnya lebih mudah.

Kolase sendiri adalah salah satu cara untuk membuat karya seni rupa. Teknik yang digunakan adalah dengan cara menempel hingga membentuk berbagi tampilan seni rupa yang diinginkan.

Teknik kolase dibuat dengan menggunakan lempengan kecil ataupun potongan. Dimana, potongan tersebut nantinya dijadikan satu objek yang dapat terbuat dari bahan dasar dengan banyak macam.

Bahan yang dapat digunakan seperti kaca, kertas dan biji-bijian. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan berbagai bahan alam lainnya seperti dedaunan, kulit kayu, kerang dan dedaunan.

Gambar yang digunakan untuk acuan bentuk dalam pembuatan kolase disebut apa?

Tidak hanya membuat sketsa, dalam membuat sebuah karya seni kolase memerlukan beberapa proses. Berikut ini beberapa proses pembuatan karya seni rupa dengan menggunakan teknik kolase.

1. Menentukan ide dan konsep

Hal pertama yang perlu dibuat adalah menentukan objek seperti apa yang akan dibuat dengan kolase. Misalnya Anda akan membuat kolase untuk menggambarkan bunga, maka siapkan konsepnya dengan matang.

Sedang Trending :  Apa Persamaan Karya Kolase Montase Aplikasi dan Mozaik ?

2. Mulai membuat sketsa

Ketika sudah menentukan konsep, maka mulailah untuk membuat sketsa. Sketsa dapat dibuat pada kertas atau tempat sejenisnya yang nantinya dijadikan pedoman ketika menempelkan potongan bahan.

3. Menyiapkan alat dan bahan

Setelah sketsa sudah selesai dikerjakan, maka selanjutnya Anda bisa mulai menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Misalnya menggunakan potongan kain perca, daun dan bahan serta alat lainnya.

4. Menempelkan bahan

Anda bisa mulai menempelkan bahan sesuai dengan sketsa yang telah dibuat. Gunakan bahan sesuai dengan kebutuhan sketsa sehingga mampu menutupi seluruh sketsa yang dibuat menjadi kolase.

5. Menyempurnakan

Jika sudah selesai menempelkan bahan, perhatikan kembali detail kecil pada sketsa untuk menyempurnakan keseluruhan bagian dari burung hantu. Karya seni kolase sudah terbentuk sesuai sketsa.

Membuat karya seni kolase memang membutuhkan beberapa tahapan untuk menyelesaikannya. Karena hal itulah perlu melakukan prosesnya dengan tepat untuk menghasilkan karya seni kolase yang indah. (SA)

Tinggalkan Balasan