aplikasi tukar uang bank Indonesia pintar BI
Gambar Uang Baru

Aplikasi Tukar Uang Bank Indonesia, Ini Cara Menggunakannya!

Yuk mari mengenali bagaimana cara menggunakan aplikasi tukar uang Bank Indonesia – Alkisah News. Pemberian layanan penukaran uang rupiah yang baru lewat cara online dari Bank Indonesia (BI) sudah sah diberlakukan. Awal pemberlakuannya adalah pada hari, Senin (4/4/2022).

Yang menguntungkan adalah bahwasanya layanan ini bisa dijangkau oleh nasabah dan warga lewat aplikasi PINTAR. Pengoperasiannya bisa dilakukan di sepanjang Ramadan sampai menjelang Lebaran kelak.

Ibu Deputi Gubernur BI Aida S Budiman juga memiliki harapan, bahwa dengan perilisan “aplikasi penukaran uang BI” ini nantinya bisa memberikan bantuan kepada para nasabah dan warga negara yang ingin melakukan penukaran uang baru secara praktis, mudah, nyaman, dan jauh dari rasa was-was akan penipuan.

Ibu Aida mengatakan secara langsung “Maka Bapak/Ibu dapat terhubung websitenya aplikasi PINTAR BI 2022 yang selanjutnya kelak di sana dapat lakukan pemesanan,” dalam acara kick off Serambi Rupiah Ramadan pada hari Senin.

Lantas bagaimana cara menggunakannya? Yuk simak baik-baik di bawah ini.

Cara Ganti Uang Baru Dengan Aplikasi Penukaran Uang BI

Buat Anda yang gaptek dan belum tahu bagaimana cara dan proses penukarannya, kami akan menjelaskannya secara singkat berikut ini. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari situs resmi Bank Indonesia pintar.bi.go.id, proses proses penukaran uang baru melalui aplikasi PINTAR BI 2022 termasuk benar-benar gampang dan berikut tingkatan triknya.

  1. Membuka situs PINTAR dari BI.
  2. Di halaman intinya, pilihlah menu Kas Keliling.
  3. Tentukan propinsi lokasi penukaran uang baru yang Anda kehendaki.
  4. Seterusnya, tetapkan tanggal penukaran uang baru di lokasi yang telah Anda pilih sebelumnya.
  5. Isikanlah data-data pemesanan, yang terdiri dari NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama lengkap, nomor ponsel yang aktif, dan alamat e-mail.
  6. Isi jumlah helai atau keping uang lama yang akan ditukar dan samakan dengan ketentuan dari Bank Indonesia berkaitan jumlah sampai tipe pecahannya.
  7. Buatlah pemesanan supaya mendapat bukti pemesanan layanan penukaran uang baru
Sedang Trending :  5 Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Hal Yang Patut Menjadi Perhatian

Layanan ini diharapkan memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para nasabah dan warga negara Indonesia. Namun, Anda juga harus tetap fokus dan menghindari masalah-masalah yang berkemungkinan muncul. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan dalam proses penukaran uang baru ini, yaitu:

Agar tidak mendapat masalah saat menggantikan uang sesudah lakukan pemesanan di program PINTAR, yakinkan telah memerhatikan beberapa hal berikut:

  • Anda harus menghitung secara akurat dan pasti berapa nominal uang rupiah yang akan ditukar.
  • Susunlah dan bungkus uang rupiah lama dengan memberikan perhatian kepada tipe pecahan, tahun emisi, pola susunan searah, dan uang terhindar dari perekat atau semacamnya.
  • Persiapkan bukti pemesanan di program PINTAR, yang bisa berupa bentuk digital atau hasil print.
  • Tetap menjaga protokol kesehatan karena kita masih dalam suasana pandemi COVID-19.

Tambahan lagi, Bapak Marlison Hakim selaku Kepala Departemen Pengendalian Uang (DPU) BI memberikan pernyataan bahwasanya disediakan sedikitnya 5013 titik lokasi penukaran uang baru. Tentunya hal ini akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menjalankan proses ini dan menghindari antri yang berlebihan.

Nah, itu tadi penjelasan dan cara menggunakan aplikasi tukar uang bank Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, khususnya yang membutuhkan uang baru menjelang hari Lebaran.

Tinggalkan Balasan