Pengertian dari Range Adalah ?

Pengertian dari range adalah gabungan dari beberapa cell dalam excel. Selain itu, range juga dapat diartikan sebagai gabungan dari beberapa kolom atau beberapa baris dalam excel.

Selain itu, range juga bisa digunakan secara bersamaan untuk tujuan tertentu. Range biasanya terdiri dari sel yang beraturan sehingga Anda bisa menggunakannya dengan lebih mudah.

Tidak hanya itu, terdapat juga jenis range yang memiliki sel tidak berdekatan satu sama lain. Akan tetapi, untuk referensi satu formula maka jenis range beraturan lebih dipilih untuk digunakan.

Pengertian dari Range Adalah Berikut Ini

Setelah mengetahui perbedaan range, Anda juga perlu mengetahui kegunaannya. Range memiliki beberapa kegunaan pada excel yang pastinya memudahkan Anda ketika menggunakannya untuk berbagai pekerjaan yang diperlukan.

Kegunaan pertama range adalah untuk memformat lebih dari satu sel secara bersamaan. Kegunaan range yang kedua adalah untuk mereferensikan isi yang lebih dari satu sel dalam bentuk penulisannya.

Range juga berperan dalam menghapus isi yang sudah tidak diperlukan apalagi yang lebih dari satu. Pembuatannya juga relatif mudah karena Anda hanya perlu memahami cara melakukan drag menggunakan pointer.

Drag bisa Anda lakukan dengan klik salah satu ujung sel yang akan digunakan pada range. Bisa ujung paling kiri bawah, paling kanan bawah, paling kiri atas maupun paling kanan atas.

Sedang Trending :  Program Aplikasi dari Microsoft yang Digunakan untuk Mengolah Angka Adalah Apa?

Jika sudah dilakukan, Anda bisa melanjutkan dengan menahan kliknya sambil mengarahkan pointer ke ujung yang berlawanan. Jika sudah, maka Anda bisa melepas dengan klik dan range akan terbentuk.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan keyboard untuk membuat sebuah range. Anda bisa menekan tombol Shift dan menekan tombol arah sesuai dengan range yang akan dibuat.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pembuatan range juga bisa dibuat tidak berdekatan. Anda bisa memanfaatkan tombol Ctrl dan anggota range yang akan dipilih untuk dijadikan satu range.

Sangat banyak kemudahan yang bisa diperoleh dengan menggunakan range. Tentunya Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda dalam pengolahan data menjadi lebih mudah dan sangat praktis.

Range memang menjadi bagian penting dalam pengolahan data menggunakan excel. Anda perlu belajar untuk menggunakannya agar bisa mengolah data dengan lebih mudah dan lebih cepat. (SA)

Tinggalkan Balasan