Unsur Sejarah yang Berhubungan Dengan Aspek Geografis Adalah Apa?

Unsur sejarah yang berhubungan dengan aspek geografis adalah ruang. Sejarah menjadi bagian bidang ilmu yang paling berkaitan dengan peristiwa di masa lalu dan dipelajari di masa sekarang.

Segala kejadian di masa lalu yang pernah terjadi dijadikan sebagai bahan dalam pembelajaran sejarah. Karena hal itulah sejarah juga tidak terlepas dari rangkaian peristiwa dan tokoh yang terlibat di dalamnya.

Bahkan, meskipun peristiwa sudah tejadi sejak ribuan ratus lalu masih tetap disebut sejarah. Tentunya ada banyak aspek yang mempengaruhi adanya kejadian di masa lalu hingga disebut sebagai sejarah.

Unsur Sejarah yang Berhubungan Dengan Aspek Geografis Adalah Apa?

Sejarah yang sudah terjadi bisa ditinjau berdasarkan unsur dan juga aspeknya. Sejarah dalam segi unsur mencakup beberapa hal penting yaitu waktu, manusia dan ruang penjelasannya masing-masing.

Ketiga unsur tersebut memiliki makna berbeda. Manusia adalah orang atau pelaku yang terlibat dalam sejarah. Ruang adalah lokasi terjadinya peristiwa bersejarah. Sedangkan waktu adalah periodisasi kronologi peristiwa tersebut.

Sedangkan, dilihat dari segi aspek dapat dilihat berdasarkan masa lalu, masa kini dan masa depan. Masa lalu berkaitan dengan gambaran kehidupan manusia dan budayanya di masa lampu.

Sedang Trending :  Peristiwa Sejarah Merupakan Suatu Proses Berkelanjutan Karena Apa?

Masa kini berkaitan dengan masa baru yang dialami manusia yaitu waktu yang dihadapi sekarang. Masa depan adalah masa yang terjadi di masa mendatang, belum terjadi tetapi bisa dipengaruhi masa kini.

Dalam kaitannya pada aspek geografis memang berupa ruang. Dalam hal ini yang dimaksud ruang adalah konsep tentang tempat atau wilayah yang dapat mempengaruhi terjadinya sejarah.

Tempat tertentu juga memiliki aspek geografis yang dijadikan lokasi pada peristiwa sejarah dalam hitungan kurun waktu tertentu. Karena hal itulah ruang sangat berkaitan dengan aspek geografis.

Hal ini dikarenakan tidak terlepas dari tempat kerjadian suatu peristiwa bersejarah yang pernah terjadi. Karena hal itulah dalam sebuah sejarah dipengaruhi oleh banyak hal termasuk juga ruang sebagai aspek geografis.

Sejarah menjadi peristiwa masa lalu yang bisa dipelajari di masa kini dan masa depan. Hal ini juga dipengaruhi oleh banyak faktor sehingga perlu diketahui yang menyebabkan adanya peristiwa bersejarah. (SA)

Tinggalkan Balasan