Air hujan dapat menjadi air tanah karena proses
Ilustrasi Air Hujan

Air Hujan Dapat Menjadi Air Tanah Karena Proses Apa?

Terkadang ada banyak kejadian alam yang sangat menarik untuk dipahami, salah satunya adalah saat air hujan dapat menjadi air tanah karena proses peresapan. Proses ini sangat menarik untuk dipelajari lebih dalam.

Sebelumnya mari pahami terlebih dahulu apa itu air tanah. Pengertiannya adalah semua air yang ada pada ruang batuan dasar. Ia mengalir secara alami ke permukaan melalui proses pancaran atau rembesan.

Alirannya ini bersumber utama dari air hujan kemudian terjadi sebuah resapan menuju bumi. Proses peresapan inilah yang akan kita pelajari. Proses peresapan dan faktor pengaruhnya sangat menarik untuk dibahas.

Peran utama air tanah adalah sebagai sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Semua pasokan air tersimpan di dalam tanah sebelum mengalir ke sungai atau laut.

Peran manusia di bumi akan sangat mempengaruhi kondisi air didalam tanah. Manusia perlu merawat dan dan memanfaatkan sanitasi lingkungan dengan baik untuk kondisi baik pada air tanah.

Terjadinya Air Hujan Dapat Menjadi Air Tanah Karena Proses Sesuatu

Kejadian alami ini bisa berubah menjadi air tanah karena proses peresapan yang terjadi selama pengaliran ke laut atau sungai. Jumlah resapannya kedalam bumi akan dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Sedang Trending :  Proses Interaksi Sosial Akan Terjadi Apabila Memiliki Syarat Apa?

Dari faktor tersebut meliputi faktor yang mencakup ruang, kemudian kecuraman lereng. Selain itu juga bahan-bahan lain yang dibutuhkan. Lalu terdapat juga fakor dari curah hujan yang mengalir secara perlahan akan mengalir menuju laut.

Selama terjadinya proses tersebut, sehingga aka nada peresapan yang berlangsung. Semua aliran yang berhasil meresap kedalam tanah akan mengalami pergerakan ke bawah.

Pergerakan ini akan terhenti jika bertemu dengan lapisan tanah dengan batuan yang jarak antar butirannya sangat sempit. Kondisi ini membuat ia tertahan dan terkumpul di bawah tanah.

Lapisan tanah yang tidak dapat ditembus oleh air disebut dengan impermeabel. Sedangkan lapisan tanah yang dapat ditempuh oleh alirannya disebut dengan permeabel. Keadaan dalam tanah dan kondisi geografis daerahnya sangat mempengaruhi zat-zat kimia yang terkandung dalam air.

Inilah mengapa air dari pegunungan lebih baik dibandingkan dengan air lainnya. Setelah mengetahui air hujan kiranya mampu beralih air tanah karena proses peresapan di bawah tanah maka kita wajib menjaga sanitasi lingkungan. (SA)

Tinggalkan Balasan