Seni rupa yang memiliki panjang lebar dan tinggi disebut
Ilustrasi Seni Rupa Dua dan Tiga Dimensi

Seni Rupa yang Memiliki Panjang Lebar dan Tinggi Disebut Apa?

Agar mengetahui seni rupa yang memiliki panjang lebar dan tinggi disebut, Anda harus mempelajari materinya. Khususnya adalah jenis seni rupa yang dibagi berdasarkan dimensi.

Pengertian dari seni rupa sendiri adalah cabang seni yang menghasilkan karya dengan media untuk dinikmati secara visual atau dirasakan dengan rabaan. Tujuan pembuatan karya ini tentu demi terlihat estetik.

Biasanya untuk mendapatkan hasil karya yang estetik dengan dimensi ada beberapa hal perlu diubah. Diantaranya seperti titik, garis, bidang, bentuk dan volume medianya dibentuk sebaik mungkin.

Selain itu tambahan lain seperti warna, tekstur, dan pencahayaan juga perlu dilakukan. Semua proses tersebut dilakukan demi mendapatkan hasil karya penuh keindahan yang bisa disenangi para penikmat karya.

Seni Rupa yang Memiliki Panjang Lebar dan Tinggi Disebut Apa?

Pertanyaan seni rupa yang memiliki panjang lebar dan tinggi akan terjawab saat Anda telah mengetahui apa saja jenis seni rupa berdasarkan dimensinya. Terdapat dua jenis cabang yaitu seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi.

1. Seni Rupa Dua Dimensi

Pertama adalah seni rupa dua dimensi, yaitu karya atau kerajinan yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Kerajinan dua dimensi hanya dapat dinikmati dari satu arah yaitu dari arah depan saja.

Sedang Trending :  Lagu yang Dinyanyikan Oleh Satu Orang Disebut Apa?

Contoh karyanya berupa gambar atau lukisan, kaligrafi yang memiliki nilai estetik serta fungsional. Tentu proses pembuatannya membutuhkan alat, bahan agar hasilnya bisa dinikmati oleh banyak orang.

Alat dan bahan yang dimaksud adalah berupa kanvas atau kertas. Tambahan pewarna seperti pensil, pensil warna atau krayon, spidol warna, tinta cina, cat air, cat plakat, cat minyak, cairan pelarut (solvent) serta bahan sejenisnya.

2. Seni Rupa Tiga Dimensi

Jenis berikutnya seni rupa yang memiliki panjang lebar dan tinggi adalah seni rupa tiga dimensi. Karya kerajinan ini dapat dinikmati dari segala sudut pandang dengan nilai estetik atau fungsional.

Contoh karya kerajinan tiga dimensi diantaranya adalah patung, furniture, guci, tas dan karya lainnya. Bahan yang digunakan bisa dari berbagai bahan material untuk dibentuk menjadi suatu karya bernilai estetik. (SA)

Tinggalkan Balasan