Berikut ini yang merupakan bahan lunak dalam pembuatan patung adalah
Ilustrasi Benda Pembuat Patung

Berikut Ini yang Merupakan Bahan Lunak Dalam Pembuatan Patung Adalah Apa?

Jawaban dari berikut ini yang merupakan bahan lunak dalam pembuatan patung adalah lilin dan tanah liat. Tentu disebabkan karakteristiknya yang memang lembut. Termasuk saat disentuh ataupun dipakai saat membuat patung.

Kita sudah mengetahui terdapat banyak jenis bahan lainnya bisa dipakai. Tentunya ada yang berbentuk keras dengan teknik pembuatan berbeda. Pastinya kemudian dapat menghasilkan karya seni berbeda pada setiap material.

Berikut Ini yang Merupakan Bahan Lunak Dalam Pembuatan Patung Adalah Tanah Liat atau Lilin

Kerajinan tangan sudah dibuat dari zaman dahulu dan menciptakan karya menarik. Termasuk patung yang disukai dan bahkan digemari banyak orang. Salah satu bahan paling banyak dipakai sampai sekarang yaitu lunak.

Kita sudah mengetahui sendiri kalau karakteristik material ini cenderung sangat empuk. Kemudian mudah dicampurkan sehingga pembuatannya terbilang sederhana. Tidak heran menjadi favorit banyak orang dengan kualitasnya.

Beberapa bahan paling sering dipakai disini yaitu lilin, tanah liat, plastisin sampai sabun. Kita sudah melihat tanah liat punya karakter termudah ditemukan. Kemudian dari segi pencarian bahan baku selalu cepat.

Selain itu kalau kita mempertimbangkan cara memakainya juga paling simple. Belum lagi banyak yang memakai karena sudah memahami betul tentang kualitas. Begitu juga lama waktu sampai terbentuk ataupun bertahan.

Sedang Trending :  Mengenal Lagu Ampar Ampar Pisang Berasal dari Daerah Mana ?

Sebenarnya dibandingkan tanah liat, lilin kualitasnya sama-sama bagus. Tapi memang dari segi karakter seringkali dianggap kurang tanah panas. Tidak heran jika seringkali membutuhkan perawatan khusus supaya bisa bertahan.

Sementara itu jenis bahan lain seperti sabun juga disukai karena terbilang unik. Meski begitu dapat dijadikan sebagai material berkualitas bagus. Apalagi bisa ditambah dengan aroma maupun bentuk yang sangat menarik.

Dibandingkan tipe lunak, kita dapat menemukan jenis sedang atau keras. Kalau sedang umumnya memakai beberapa jenis kayu dengan tingkat kekerasan rendah. Mulai dari kayu dalam jenis waru, randu sampai sengon.

Lalu kalau memakai material keras, jenis paling banyak digunakan yakni batu. Pastinya berkualitas tinggi sehingga keawetannya dianggap paling kuat. Termasuk bisa memakai kayu terkuat seperti jati atau ulin.

Terakhir, terdapat material cor atau cetak di mana paling digemari karena hanya memakai cetakan. Kemudian lebih cepat dalam membentuk patung tersebut. Tentunya bisa memakai semen, logam, gips dan sejenisnya. (SA)

Baca Juga : Membuat patung dengan bahan batu dan kayu dapat dilakukan dengan cara apa?

Tinggalkan Balasan