Berikut ini yang bukan merupakan struktur penyusun bumi adalah
Ilustrasi Lapisan Bumi

Berikut Ini yang Bukan Merupakan Struktur Penyusun Bumi Adalah Apa?

Berikut ini yang bukan merupakan struktur penyusun bumi adalah Kromosfer. Apalagi ternyata sama sekali tidak berhubungan dengan bumi dan sekitarnya. Melainkan termasuk sebagai salah satu bagian atau lapisan tipis matahari.

Kita bisa melihat detailnya terdapat di atas dari fotosfer. Selain itu terdapat kedalaman hanya sekitar 2.000 KM saja. Tentunya diberi nama sebagai kromosfer karena dari segi warnanya yang memang kemerahan.

Berikut Ini yang Bukan Merupakan Struktur Penyusun Bumi Adalah Kromosfer

Kita sudah mengetahui pada dasarnya bumi termasuk planet yang dapat digunakan sebagai tempat hidup makhluk hidup. Tidak heran jika matahari sebagai tempat kromosfer mustahil dipakai sebagai tempat hidup.

Bumi pastinya sudah dilengkapi dengan oksigen mencukupi beserta sumber air melimpah. Tidak heran dalam menjadikan kebutuhan manusia semakin maksimal. Suhu di dalamnya juga maksimal dipakai dalam kehidupan makhluk hidup.

Untuk jenis struktur penyusun disini yaitu dalam bentuk crust atau kerak bumi. Bisa dibilang sebagai salah satu lapisan paling luar dibanding lainnya. Wajar kalau ada oksigen, kalsium, besi dan lainnya.

Tapi nantinya masih dibedakan sebagai kerak benua yang meliputi daratan. Kemudian terdapat samudra yang berupa lautan luas di dunia. Khusus untuk bagian ini terdapat proses endogen sehingga tidak mungkin rata.

Sedang Trending :  Mengapa Setiap Orang Perlu Menyusun Skala Prioritas dalam Memenuhi Kebutuhan Hidupnya ?

Selanjutnya juga dapat menemukan mantel dengan lapisan sampai setebal 2.900 kilometer. Sering juga kita kenal namanya dengan astenosfer di mana sebagai pelindung inti. Nantinya ada mantel berbentuk luar dan dalam.

Pastinya masing-masing dilengkapi dengan ketebalan sampai kedalaman khusus. Termasuk di dalamnya dilengkapi suhu khusus sehingga membuat logam mengeras. Tapi terdapat juga bagian di mana logam telah mencair.

Kemudian kita bisa menemukan struktur penting lainnya seperti outer core atau inti luar. Di dalamnya ditemukan adanya lapisan cair dengan ketebalan 2.266 KM. Pastinya terdiri dari besi sampai dengan nikel.

Pada lapisan ini, telah diketahui pada dasarnya punya suhu begitu tinggi. Tidak heran terdapat fluida sampai viskositas paling rendah. Jadi, mampu menjadi pengaruh medan magnet pada bumi tercinta kita.

Terakhir, terdapat inti dalam atau inner core dengan bentuk seperti bola padat. Ukurannya sekitar 1.120 kilometer dan memiliki kepanasan paling tinggi. Penyusunnya berupa oksigen, belerang, karbon sampai silikon. (SA)

Tinggalkan Balasan