Batik yang motifnya dibuat dengan hanya menggunakan tangan disebut
Ilustrasi Motif Batik

Batik yang Motifnya Dibuat dengan Hanya Menggunakan Tangan Disebut Apa?

Info Budaya dari AlkisahNews.com – Batik yang motifnya dibuat dengan hanya menggunakan tangan disebut sebagai salah satu kekayaan jenis kebudayaan di Indonesia. Bahkan batik jenis ini memegang peranan penting sebagai salah satu batik dengan kualitas terbaik dan premium ketika hendak didapatkan.

Kualitas yang sangat premium dan tentunya terbaik ini menjadi salah satu ciri dari batik yang dilukis dengan tangan. Alasan lain mengapa kualitas ini sahabat adalah waktu pengerjaan yang cenderung sangat lama karena memiliki ketelitian tingkat tinggi dalam prosesnya.

Indonesia sebagai salah satu negara penghasil batik terbesar dan tentunya terkaya jenisnya memang menjadi salah satu pusat perhatian pada pola pengembangan fashion lokal. Hal ini tentu patut menjadi kebanggaan tersendiri karena kekayaan budaya yang sangat merata.

bahkan Indonesia memiliki beragam jenis batik yang sangat berbeda-beda dari pola pengembangan setiap daerah. Mulai dari batik jenis pekalongan, batik Madura, hingga corak batik dari daerah lain yang masih sangat beragam jenis dan kriterianya untuk dimaksimalkan.

Batik yang Motifnya Dibuat dengan Hanya Menggunakan Tangan Disebut Tulis dan Canting

Jenis yang akan Anda ketahui saat ini adalah berupa karya batik menggunakan tangan tanpa bantuan dari alat lainnya. Secara keseluruhan batik ini dikenal dengan nama batik tulis atau biasa juga dikenal dengan batik canting yang diproduksi secara premium dengan ketelitian.

Sedang Trending :  Keberagaman Suku yang Ada di Indonesia Harus Dimaknai Sebagai Apa?

perlu untuk Anda ketahui juga bahwa proses untuk mengerjakan 1 jenis batik saja dalam kriteria jenis batik tulis ini perlu memakan waktu yang cukup lama. Hal ini tentu cukup beralasan sebab ada corak khusus yang digambar dan tentunya berbeda-beda pada setiap jenis yang dihasilkan.

Perlu diperhatikan juga pada aspek lain berupa alat dan bahan yang digunakan dalam proses pembuatan batik tulis tersebut. Kualitas cairan dan tinta yang digunakan juga Tidak sembarangan karena ada bahan premium yang terus dilestarikan dan digunakan hingga saat ini.

kualitas premium dari batik tulis ini tidak hanya berdasarkan pada waktu yang cukup lama ketika batik tersebut digambar. Akan tetapi setelah gambar selesai, batik juga akan melalui beberapa tahapan lain dalam bentuk rendaman dan tentunya penjemuran yang maksimal. (SA)

Tinggalkan Balasan