Urutan nada yang disusun secara berjenjang disebut
Ilustrasi Urutan Nada

Urutan Nada yang Disusun Secara Berjenjang Disebut?

Urutan nada yang disusun secara berjenjang disebut dengan? Pertanyaan satu ini pasti pernah Anda temukan bukan? Terlebih lagi jika Anda masih duduk di bangku sekolah. Pertanyaan tersebut pasti merupakan bagian dari materi yang diberikan oleh guru untuk Anda.

Sebenarnya cara menjawab pertanyaan tersebut tidaklah sulit. Ini merupakan bagian dari mata pelajaran kesenian yang diajarkan sejak pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Di dalam pelajaran kesenian sendiri memang terdapat berbagai istilah yang harus dipahami dengan baik lantas.

Salah satunya tentu saja pertanyaan yang sedang kita bahas ini? Jika Anda sedang merasa kebingungan akibat pertanyaan tersebut, tenang saja karena disini kami akan membahasnya secara detail untuk Anda.

Urutan Nada yang Disusun Secara Berjenjang Disebut?

Ketika Anda menemukan pertanyaan tersebut, maka jawaban terbaik nya adalah tangga nada. Tidak banyak orang tahu kalau tangga nada merupakan sebuah komposisi atau urutan nada yang disusun secara berjenjang.

Dengan penyusunan tangga nada ini kemudian akan muncul sebuah sistem nada dimulai dari nada dengan yang paling rendah hingga ke nada yang paling tinggi. Deretan nada yang terpilih tersebut kita kenal juga dengan Solmisasi yang disusun oleh nada do re mi fa sol la si do.

Tentunya penting sekali bagi Anda untuk memahami tangga nada ini secara mendalam. Istilah tersebut merupakan salah satu aspek utama di dalam dunia musik atau seni itu sendiri. Ketidakpahaman akan istilah satu ini akan memunculkan ketidaktahuan terdapat berbagai jenis istilah kesenian lainnya.

Mengenal Tangga Nada Lebih Jauh

Selain poin-poin di atas, penting juga bagi Anda untuk mengenal tangga nada itu sendiri secara lebih mendalam. Susunan tangga nada biasa kita kenal dengan nama Oktaf. Oktaf merupakan sebuah jarak nada dari Do hingga ke Do lagi.

Sedang Trending :  Bagaimana Langkah Menghias Karya dengan Teknik Aplikasi ?

Tentu saja untuk mewujudkan nada oktaf tersebut dibutuhkan sebuah interval atau jarak antara satu nada dengan nada lainnya. Interval ini sendiri berbeda satu sama lain. Ada yang jaraknya setengah, satu atau bahkan dua. Berbeda jenis ukuran intervalnya, maka akan beribadah juga susunan nadanya.

Dalam tangga nada sendiri, ada beberapa tipe atau jenis tangga nada yang bisa Anda temukan. Pertama adalah tangga nada diatonis, sedangkan jenis lainnya adalah tangga nada pentatonis dan kromatis. Mari kita bahas hal ini satu persatu.

1. Diatonis

Doatonis adalah tangga nada yang dibangun oleh 7 buah nada berbeda dalam satu oktafnya. Ketujuh nada tersebut akan diakhiri oleh sebuah nada yang berulang. Interval pada tangga nada diatonis ini adalah satu dan setengah.

2. Pentatonis

Berbeda dengan diatonis, pentatonis ini hanya memiliki 5 nada saja dalam satu oktafnya. Deretan nada tersebut sama sekali tidak ada yang berulang. Jarak atau interval nada yang ada pada pola tangga nada satu ini juga berbeda dengan diatonik.

3. Kromatis

Tangga nada kromatis adalah sebuah interval nada yang dinaikkan atau diturunkan nadanya dari nada asli. Jadi tangga nada kromatis ini bisa mewakili pentatonik maupun diatonik.

Bagi Anda yang sedang mempelajari tangga nada secara mendalam, tentu penting sekali untuk memahami poin-poin yang sudah kami jelaskan tersebut. Ini merupakan landasan awal dari pemahaman terkait tangga nada itu sendiri. (SA)

Tinggalkan Balasan