Berikut faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM kecuali
Ilustrasi Hak Asasi Manusia. Gambar oleh Pixabay.com

Berikut Faktor Eksternal Penyebab Pelanggaran HAM Kecuali Apa?

Berikut faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM kecuali yakni rendahnya tingkat kesadaran akan HAM. Di sisi lain, hak asasi manusia tersebut dapat muncul dari keadaan dan status pelaku pelanggaran hak asasi manusia, keadaan dan status negara, serta keadaan dan status lingkungan hidup secara keseluruhan.

Jika ya, dapatkah Anda menjelaskan penyebab terjadinya pelanggaran HAM? Pelanggaran hak asasi manusia adalah setiap tindakan, baik disengaja, tidak disengaja, atau kelalaian, dari individu atau kelompok.

Termasuk badan-badan negara, yang membatasi atau mencabut hak-hak individu atau kelompok berdasarkan Undang-Undang ini. Dapatkan atau takut bahwa Anda tidak akan mendapatkan hak yang adil dan bonafide berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku.

Faktor Eksternal Penyebab Pelanggaran HAM

Berikut ini beberapa faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM yang perlu Anda ketahui. Dimana penyebab pelanggaran HAM biasanya dapat dikategorikan berdasarkan kondisi negara dan lingkungan sekitar.

1. Sistem Hukum Tidak Berjalan Baik

Faktor eksternal yang menyebabkan terjadinya pelanggaran HAM antara lain sistem hukum yang lemah dan tidak efisien. Kurangnya penegakan hukum yang tegas terhadap para pelanggar HAM menjadi penyebab maraknya pelanggaran HAM. Hal ini dikarenakan tidak adanya respon yang cepat dan tepat terhadap pelanggaran HAM.

2. Penyalahgunaan Kekuasaan

Penyalahgunaan kekuasaan oleh pemerintah atau penguasa memiliki risiko tinggi menimbulkan pelanggaran HAM. Contoh penyalahgunaan kekuasaan atau pelanggaran hak asasi manusia melalui penyalahgunaan kekuasaan termasuk korupsi, genosida dan penghilangan pemerintah.

3. Struktur Sosial dan Politik

Alasan lain terjadinya pelanggaran HAM adalah adanya disparitas politik dan sosial di Korea. Contoh ketimpangan politik dan sosial suatu negara adalah tata kelola yang buruk dan ketidakpedulian terhadap segala sesuatu yang terjadi di masyarakat.

Sedang Trending :  Kapal Laut Dapat Terapung di Permukaan Air Karena?

4. Permasalahan Ekonomi

Permasalahan dari segi ekonomi adalah salah satu sumber dari segala sumber penyebab kegiatan kriminal, termasuk pelanggaran hak asasi manusia. Ketimpangan ekonomi yang tinggi dapat memaksa pelaku kejahatan untuk melakukan pelanggaran HAM seperti perampokan, perampokan, pencurian dan pembunuhan.

5. Kurang Adanya Sosialisasi HAM

Mensosialisasikan pentingnya menghormati dan melindungi hak asasi manusia sangat penting untuk mencegah pelanggaran hak asasi manusia. Kurangnya pemahaman tentang hak asasi manusia dapat menyebabkan semakin seringnya terjadi pelanggaran hak asasi manusia ringan atau berat.

6. Penyalahgunaan Teknologi

Komputerisasi besar-besaran memiliki konsekuensi negatif seperti penyalahgunaan teknologi dalam bentuk kriminal seperti pencurian dompet elektronik, kebocoran data pribadi dan publik, dan ancaman.

Berikut Faktor Eksternal Penyebab Pelanggaran HAM Kecuali Apa Saja?

Tahukah Anda, bukan hanya faktor eksternal saja yang perlu diperhatikan. Adapun faktor lainnya yang tidak termasuk dalam faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM diantaranya seperti rendahnya tingkat kesadaran akan HAM.

Sebagai warga negara yang baik, tentunya penting sekali untuk memahami apa saja yang menjadi pelanggaran dalam HAM. Hal tersebut penting untuk diperhatikan supaya kita mengetahui batasan-batasan apa saja yang perlu kita perhatikan.

Tentunya kita budayakan dalam kehidupan sehari-hari. Pembahasan mengenai berbagai faktor eksternal penyebab pelanggaran HAM di atas, diharapkan dapat menambah informasi tambahan bagi para pembaca. (SA)

Tinggalkan Balasan