Etos kerja yang tinggi dari seorang wirausaha terletak pada
Ilustrasi Etos kerja yang tinggi dari seorang wirausaha

Etos Kerja yang Tinggi dari Seorang Wirausaha Terletak Pada Apa?

Alkisah News – Etos kerja yang tinggi dari seorang wirausaha terletak pada beberapa kegiatan yang sering dilakukan. Pasalnya etos kerja sendiri merupakan perilaku positif yang harus dimiliki oleh setiap seseorang. Beberapa diantaranya mengenai karakteristik dan pola pikir.

Menjadi seorang wirausaha yang baik tentunya melewati beberapa tahapan. Memulai setiap usaha dengan segala persiapan yang telah ditata dengan matang. Selain itu, seorang wirausahawan juga mendirikan usahanya dengan jalan yang tidak mulus.

Sampai pada tahap mempertahankan disinilah mental seorang wirausaha diuji. Beberapa diantara pengusaha memilih mundur sebab tidak memiliki etos kerja yang baik. Sehingga, pengembangan usaha tidak dapat diteruskan.

Mengenal Pengertian dari Kewirausahaan

Kewirausahaan didefinisikan sebagai proses membentuk atau melakukan pertumbuhan pada suatu organisasi. Sebelum memulai usaha, pastikan Anda memiliki jiwa kerja keras serta tidak pantang menyerah.

Beberapa ahli juga merumuskan pengertian mengenai kewirausahaan ini. Richard Cantillon pada tahun 1775 menyatakan bahwa kewirausahaan adalah wujud bekerja untuk diri sendiri. Melakukan jual beli pada periode waktu tertentu.

Pendapat lain dari Frank Knight pada tahun 1921. Wirausaha adalah suatu proses uji coba dalam memprediksi perubahan pasar. Dalam hal ini peranan wirausaha memberikan sikap pada ketidakpastian dinamika pasar sangat ditekankan.

Penrose (1963) juga menyumbangkan pendapatnya mengenai wirausaha. Baginya kegiatan wirausaha adalah kemampuan untuk melihat peluang dalam roda ekonomi. Konsep ini mengedepankan sistem manajerial dengan baik.

Jean Baptisa Say (1816) juga menyampaikan bahwa seorang wirausaha merupakan agen yang membuat alat-alat produksi memiliki nilai jual dari angka produksinya.

Etos Kerja yang Tinggi dari Seorang Wirausaha Terletak Pada Apa

Etos kerja tinggi yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha dalam organisasinya. Terdapat beberapa diantaranya sebagai berikut :

1. Motivasi Kerja yang Tinggi

Sedang Trending :  Air Hujan Dapat Menjadi Air Tanah Karena Proses Apa?

Tidak dapat dipungkiri bahwa seorang wirausahawan sangat memerlukan motivasi kerja. Memiliki semangat kerja tinggi akan membuat usaha yang dirintisnya dapat berkembang. Dalam hal ini tentu perjalanan yang dilewati tidak mudah.

2. Orientasi Jangka Panjang

Seorang wirausahawan harus memiliki orientasi yang jelas dari usahanya. Pasalnya, dengan menentukan target ke depan akan membuat pengusaha merasa dikejar tuntutan. Hal ini dinilai positif sebab, prospek jangka panjang dapat diperhitungkan.

Selain itu, dengan memiliki planning jangka panjang. Seorang pengusaha tidak akan mudah mengalami keterpurukan. Pasalnya, penyiapan target dan planning tentu memiliki cadangan jika terjadi kegagalan di tengah jalan.

3. Menghargai Waktu

Bagi wirausahawan, waktu adalah uang. Sebab, kehilangan beberapa waktu penting dapat membuat pengusaha kehilangan pekerjaan dan usahanya. Sebab itu, mengapa pelaku usaha benar-benar menghargai waktu yang dimiliki.

4. Tampil Sederhana

Memiliki pakaian sederhana tidak akan membuat pengusaha kehilangan wibawanya. Konsep ini tentunya berlaku pada beberapa kepentingan. Jika proyek kerjasamanya besar, tentu tampil rapi akan menjadi nilai lebih.

Meski begitu, tidak perlu tampil mencolok. Menggunakan barang branded hanya untuk terlihat kaya bukan prinsip seorang pengusaha. Sebab, pengusaha tidak akan mengeluarkan uang jika tidak menghasilkan.

5. Disiplin

Etos kerja satu ini penting sekali diterapkan. Disiplin akan membuat perusahaan memiliki konsep kerja tertata dan rapi. Sehingga, klien dalam melakukan kerjasama akan merasa senang dan memiliki kepercayaan lebih.

Menjadi seorang wirausaha memang dibutuhkan etos kerja yang tinggi. Hal ini diperlukan agar bisnis yang dijalankannya dapat berkembang dan sukses. Jadi pahami dengan baik apa saja etos kerja yang harus dimiliki seorang wirausahawan. (SA)

Baca Juga : Bentuk Kerjasama di Dalam Masyarakat Indonesia Lebih Dikenal Dengan Nama ?

Tinggalkan Balasan