Pembaruan Aplikasi Android Gagal
Cara Mengatasi Pembaruan Aplikasi Android Gagal

3 Cara Cepat Mengatasi Pembaruan Aplikasi Android Gagal

Pada perangkat Android terdapat layanan untuk mengunduh aplikasi hingga pembaruan secara gratis yang dapat digunakan penggunanya yaitu Google Play Store. Google Play Store menyediakan banyak sekali aplikasi dengan berbagai jenis yang dapat digunakan, aplikasi-aplikasi tersebut sudah terintegrasi langsung dengan Google Play Store sehingga akan mendapatkan notifikasi jika ada pembaruan. Namun permasalahan yang sering dialami adalah Pembaruan Aplikasi Android Gagal.

Sebelum kita ulas cara mengatasinya, simak terlebih dahulu apa saja penyebab aplikasi tidak dapat atau gagal di perbarui di Google Play Store berikut ini.

Penyebab Pembaruan Aplikasi Android Gagal

Permasalahan gagal melakukan Pembaruan Aplikasi di Google Play Store pasti pernah atau bahkan sering dialami di kalangan pengguna Android, penyebabnya juga akan berbeda antara pengguna satu dengan pengguna lainnya.

mumnya masalah ini muncul biasanya disebabkan karena masalah koneksi data anda yang lambat, tidak ada cukup ruang penyimpanan yang tersedia di perangkat anda, atau banyaknya cache yang jarang atau tidak pernah dibersihkan pada aplikasi yang akan diperbarui. Oleh karena itu, biasanya akan sekedar muncul pemberitahuan tentang update aplikasi tapi tidak bisa melakukan pembaruan.

Cara Mengatasi Pembaruan Aplikasi Android Gagal

1. Hapus Data dan Cache Play Store

Cara Pertama yang dapat anda lakukan adalah menghapus data Play Store dengan mengikuti langkah berikut ini.

  • Sebelumnya pastikan anda mengetahui alamat email dan kata sandi Play Store anda.
  • Masuk ke Pengaturan > Manajer Aplikasi
  • Pada tap Aplikasi Terinstal atau Download, cari aplikasi Google Play Store
  • Klik tombol Hapus Data dan Hapus Cache
Sedang Trending :  Aplikasi untuk Mengembalikan Foto yang Terhapus Dijamin Gratis

2. Hapus Data dan Cache Aplikasi Yang Akan Diperbarui

Cara kedua yang dapat dilakukan hampir sama dengan cara pertama, tetapi data yang dihapus pada aplikasi yang akan diperbarui, misalnya anda akan memperbarui aplikasi Instagram, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pastikan anda mengetahui username dan password untuk login kembali ke Instagram, karena setelah menghapus data aplikasi maka otomatis data anda akan terhapus atau logout otomatis.
  • Kemudian masuk ke Pengaturan > Manajer Aplikasi
  • Klik tap aplikasi terinstal
  • Pilih atau cari aplikasi Instagram
  • Hapus data dan cache aplikasi

3. Gunakan Aplikasi Pembersih

Selain kedua cara diatas, anda dapat menggunakan aplikasi pembersih tambahan. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi pembersih yang dapat diinstal di smartphone anda, misalnya CCleaner, Reboot, Clean Master dan sebagainya. Anda cukup menginstal aplikasi kemudian lakukan proses scanning pembersihan dalam sekali tap dan tunggu prosesnya hingga selesai. Namun cara ini tentunya tidak bisa dilakukan jika ruang penyimpanan smartphone anda terbatas.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi pembaruan aplikasi android yang gagal, namun jika update aplikasi masih tidak bisa, maka memungkinkan ada masalah pada ROM atau sistem operasi smartphone anda. (PC)

Tinggalkan Balasan