Redistribusi pendapatan dilakukan sebagai salah satu bentuk rupa
Ilustrasi Redistribusi Pendapatan

Redistribusi Pendapatan Dilakukan Sebagai Salah Satu Bentuk Rupa Jaminan Sosial

AlkisahNews.com – Redistribusi pendapatan dilakukan sebagai salah satu bentuk rupa jaminan sosial yang dilakukan oleh negara untuk masyarakat serta menjadi investasi sosial jangka panjang.

Tidak hanya itu, investasi sosial tersebut berpondasikan 2 pilar utama, yaitu redistribusi pendapatan dan solidaritas sosial. Pengertian redistribusi sendiri adalah distribusi kembali mengenai pendapatan.

Pendapatan tersebut milik masyarakat yang berpenghasilan tinggi kemudian didistribusikan kembali kepada masyarakat berpenghasilan rendah. Tujuannya adalah mencegah adanya kesenjangan sosial agar kesejahteraan rakyat menjadi setara dengan cepat dan efektif.

Redistribusi Pendapatan Dilakukan Sebagai Salah Satu Bentuk Rupa Jaminan Sosial

Selain mendistribusikan kembali melalui pendapatan, redistribusi juga bisa berasal dari pajak atau pungutan – pungutan lainnya. Beberapa contoh bentuk rupa redistribusi sebagai jaminan sosial tersebut adalah sebagai berikut.

1. Asuransi

Asuransi seperti BPJS (Badan Penyelenggaraan Jamina Sosial) bisa dibayar sesuai kemampuan masyarakat untuk kemudian dilakukan subsidi silang. Hal tersebut bertujuan supaya rakyat kelas bawah sama – sama mendapatkan kesehatan.

2. Pajak

Masyarakat dengan penghasilan tinggi tentu membayar pajak lebih besar dibanding yang berpenghasilan rendah. Pajak tersebut kemudian dipakai sebagai dana pembangunan fasilitas, pendidikan, infrastruktur.

Atau untuk dana pendidikan, pelayanan, dan program bantuan lainnya. Dengan begitu, rakyat kelas bawah bisa mendapat kesempatan di bidang kesehatan, pendidikan, maupun pelayanan sosial agar kualitas SDM meningkat.

Sedang Trending :  Berikut yang Bukan Usaha Peningkatan Ekonomi Maritim di Indonesia Adalah Apa?

3. CSR (Corporate Soial Responsibility)

CSR menjadi bentuk redistribusi dari perusahaan lewat pemerintah kepada masyarakat dengan programnya yang membantu menyejahterakan masyarakat. Misalnya menyediakan beasiswa, memelihara lingkungan, atau memberdayakan warga sekitar.

4. Subsidi

Subsidi merupakan bentuk redistribusi selanjutnya bisa berupa harga atau tambahan modal untuk produsen. Misalnya adalah subsidi Bahan Bakar Minyak (BBM) atau subsidi pupuk untuk para petani Indonesia.

5. Kegiatan Berbagi oleh Individu

Individu juga bisa melakukan redistribusi melalui program berbagi. Seperti membeli barang dari pedagang kecil atau memberi bantuan uang dan finansial bagi rakyat kecil. Walaupun terlihat sepele, tetapi sangat bermanfaat bagi yang terbantu.

Contoh – contoh lain dari bentuk rupa redistribusi tersebut juga dapat berbentuk kredit lunak, memberi akses kebutuhan dasar untuk rakyat bawah, mengembangkan usaha kecil, dan pewujudan kebijakan penegakan hukum maupun ekonomi. (SA)

Tinggalkan Balasan