Berikut yang Bukan Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Baik dari Dalam Ataupun Luar Negeri Adalah
Ilustrasi Perdagangan Ekspor Impor - Sumber Gambar : Pixabay Free License

Berikut yang Bukan Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Baik dari Dalam Ataupun Luar Negeri Adalah Apa?

AlkisahNews.com – Berikut yang bukan faktor yang mempengaruhi ekspor baik dari dalam ataupun luar negeri adalah jika pasar luar negeri yang dalam kondisi baik, pintar dalam menangkap peluang pasar, produksi yang lancar, hingga tidak ada masalah di segi sosial, ekonomi, dan juga politik.

Ekspor, sebuah proses dimana kita mengirimkan produk atau jasa dari dalam negeri ke negara lain. Aktivitas ini tidak pernah absen dalam jalannya kehidupan negara dan ini adalah salah satu cara yang paling tepat untuk meningkatkan ekonomi negara. Termasuk Indonesia.

Indonesia telah mempraktekkan beberapa kebijakan ekspor yang strategis dan bagus untuk membangun ekonomi bangsa yang lebih bagus. Selain itu, ada beberapa faktor yang menjadi salah satu penghambat ekspor dan impor. Lantas, apa saja yang bukan faktor tersebut?

Berikut yang Bukan Faktor yang Mempengaruhi Ekspor Baik dari Dalam Ataupun Luar Negeri Adalah Apa?

Faktor penghambat itu biasanya di segi pasar yang tidak stabil, eksportir yang gagal bertindak baik dalam menangkap peluang pasar. Gagalnya mempertahankan kondisi negara di aspek yang paling penting dan kemudian di segi produksi. Kalau yang bukan pengaruhnya adalah:

1. Pasar Negara Baik-Baik Saja

Jika kondisi sosial, ekonomi, hingga politik dari suatu negara dalam kondisi yang baik-baik saja, maka tidak ada alasan itu menjadi penghambat aktivitas ekspor dilakukan. Sebaliknya, jika pasar negara tidak baik-baik saja, ekspor akan terganggu.

Sedang Trending :  Berikut Ini yang Bukan Tujuan Pembangunan Kelautan Adalah Apa?

2. Eksportir Bertindak Positif dalam Menangkap Peluang Pasar

Proses menangkap peluang pasar sering kali diabaikan, padahal itu adalah salah satu upaya wajib untuk peningkatan kualitas kehidupan yang dijalani oleh eksportir. Dengan kemampuan menangkap pasar juga, ini akan berbuat positif.

3. Faktor Produksi yang Lancar

Faktor produksi jika kurang, maka itu bisa menjadi penyebab gagalnya aktivitas ekspor dan impor. Tetapi jika produksi lancar dan permintaan dapat terpenuhi, maka tidak lagi akan terhambat dan ekspor yang dilakukan juga akan ikut lebih lancar.

Maka dari itu, kondisi di dalam dan luar negeri tidak boleh diabaikan karena itu bisa menjadi salah satu penyebab produksi yang gagal. Soal ekspor juga sama, harus dengan bijak mengambil kebijakan agar dapat terlepas dari segala hambatan ekspor yang ada. (SA)

Tinggalkan Balasan