Berikut yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia adalah
Berikut yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia adalah

Berikut yang Bukan Upaya Meningkatkan Ekonomi Maritim di Indonesia Adalah Apa?

Jika ada pilihan berikut yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia adalah mengenalkan batasan laut Indonesia kepada nelayan, tingkatkan kualitas SDM tanah air, memberi kebebasan ke kapal asing dan bantuan untuk nelayan, mana jawabannya?

Maritim Indonesia tidak bisa kita pungkiri adalah salah satu sumber kekayaan yang nilainya harus dimanfaatkan dengan baik. Indonesia sangat kaya akan ekonomi maritim, terlebih dari lautan dan kekayaan yang ada di dalamnya sangat banyak dan juga sangat bervariatif.

Akan tetapi, ada juga aksi yang malah membuat ekonomi maritim di Indonesia tidak dapat berkembang. Memang sebagai negara kepulauan, sulit untuk bisa mengatur laut sepenuhnya. Jadi, kita sebagai pelajar wajib tahu dulu apa yang bukan upaya peningkatan ekonomi.

Baca juga : Pengalokasian Kembali Pendapatan yang Menunjuk pada Transfer Uang dari Orang Kaya ke Orang Miskin Disebut Dengan Apa?

Berikut yang bukan upaya meningkatkan ekonomi maritim di Indonesia adalah Jika Tidak Seperti Ini

Kami akan mencoba menjawab 4 opsi yang sering ada di pelajaran sekolah. Tetapi sebelum itu, Anda harus tahu kalau ekonomi maritim adalah segala sesuatu yang datangkan untung dan berasal dari laut. Dan salah satu dari opsi ini tidak meningkatkan ekonomi maritim:

1. Edukasi Nelayan Soal Batas Laut Indonesia

Soal edukasi batasan laut ini jelas penting. Setiap nelayan harus tahu batasan mana saja yang bisa mereka jangkau dan tidak melanggar aturan.

Sedang Trending :  Redistribusi Horizontal Dapat Pula Bersifat Pribadi, Ini Penjelasannya

2. Upaya Peningkatan Kualitas SDM

Peningkatan kualitas SDM juga tidak kalah penting jika kita fokus ke ranah maritim. Semakin baik kualitas SDM, semakin baik juga ekonomi maritim kita. Produktivitas di ranah lautan akan meningkat pesat.

3. Kebebasan Kapal Asing Memasuki Wilayah Maritim Indonesia

Dan ini adalah opsi yang salah. Jika kita membiarkan kapal asing memasuki wilayah maritim Indonesia dan mengambil apa saja yang ada di dalamnya, maka ini yang bisa mendatangkan kerugian.

4. Memberi Bantuan untuk Nelayan

Bantuan untuk nelayan akan berpengaruh besar ke ekonomi maritim Indonesia. Para nelayan ini bisa memanfaatkan bantuan ini untuk memperbaiki hambatan pada saat melaut. Misalnya kapal yang sudah ada kebocoran, dan lain sebagainya.

Sebagai negara yang dikenal luas akan maritimnya, maka jelas SDA dan SDM yang dimiliki harus dikembangkan agar dapat menjaga kekayaan laut ini. Akan tetapi, tidak semua yang kita lakukan ini bisa meningkatkan ekonomi maritim, malah ada yang merugikan. (SA)

Simak juga : Buatlah Anggaran Pendapatan dan Belanja Kalian Dalam Satu Minggu dari Uang Saku yang Kalian Miliki

Tinggalkan Balasan