Analisislah Peranan Asuransi dalam Perekonomian
Analisislah Peranan Asuransi dalam Perekonomian - Sumber gambar : Pixabay Free License

Analisislah Peranan Asuransi dalam Perekonomian

Beberapa pakar ekonomi sering memberi pertanyaan mengenai analisislah peranan asuransi dalam perekonomian suatu negara. Pada dasarnya ada beberapa hal yang dapat dipengaruhi oleh asuransi baik itu untuk perusahaan penanggung jawab, nasabah hingga instansi lainnya.

Untuk perekonomian suatu negara, asuransi bisa dijadikan sebuah alat untuk mengurangi risiko terjadinya sebuah kerugian. Jika sudah ada kontrak asuransinya, maka kerugian bisa ditanggung oleh pihak lain. Hal ini juga akan mendorong perekonomian agar terus maju dan berkembang.

Pengurangan risiko terjadinya kerugian dapat membuat ekonomi tetap stabil. Sebagai contoh, Anda memiliki asuransi berupa properti pada satu gudang perusahaan. Ketika terjadi bencana seperti kebakaran atau kerusakan akibat gempa, Anda tentunya bisa mengajukan asuransi.

Nantinya pihak penanggung akan mengganti semua kerusakan yang telah Anda alami. Hal ini bisa membantu sebuah usaha agar tetap berjalan meski memiliki risiko yang tinggi. Ekonomi suatu negara bisa tetap berjalan normal dengan adanya asuransi yang sudah disediakan.

Baca juga : Jumlah Uang yang Dibayarkan pada Waktu Tertentu kepada Asuransi

Analisislah Peranan Asuransi dalam Perekonomian dan Siklusnya

Pada dasarnya asuransi dalam perekonomian suatu negara memiliki siklusnya sendiri. Beberapa perusahaan memegang asuransi atas aset yang dimilikinya agar memiliki jaminan tetap. Setiap aset tentunya mampu meningkatkan biaya premi sehingga perusahaan harus menyesuaikannya.

Sedang Trending :  Pos Indonesia Garuda Indonesia Airways dan Asuransi Jiwasraya Adalah Contoh Perusahaan Negara Berbentuk Apa?

Dana asuransi juga memiliki batasan sehingga perusahaan tidak bisa menanggung semua jenis kerugiannya. Setidaknya asuransi dapat meminimalisir dampak kerugian dengan jaminan yang ada. Siklus terjadi ketika perputaran uang diberlakukan pada biaya premi dan asuransi.

Indonesia menjadi salah satu negara produsen terbesar di Asia Tenggara karena SDA melimpah. Asuransi tentunya diperlukan untuk menunjang semua kemungkinan yang ada. Tanpa adanya asuransi, perusahaan akan rugi besar sehingga mempengaruhi sektor ekonomi sekitarnya.

Oleh sebab itu asuransi sangat berperan aktif dalam menjaga kestabilan ekonomi di suatu negara. Asuransi tidak hanya untuk properti saja, melainkan SDAnya juga mendapatkan jaminan. Saat ini Indonesia memiliki jaminan ketenagakerjaan yang wajib digunakan oleh seluruh perusahaan.

Jaminan ketenagakerjaan ini menanggung semua biaya kesehatan dan kecelakaan kerja. Selain itu ada juga dana santunan PHK jika memang perusahaan mengikuti aturan tertentu. Peran dari jaminan ketenagakerjaan adalah menjamin semua pekerja agar tetap aman dan produktif.

Ketika pekerja tidak diawasi dan dirawat, produktivitas suatu perusahaan tentu akan berkurang. Jadi dengan adanya asuransi ini, pemerintah berharap warganya tetap produktif. Asuransi adalah salah satu layanan yang dibutuhkan untuk meningkatkan perekonomian suatu negara. (SA)

Simak juga : Jelaskan Pengertian Asuransi Menurut UU No. 1 Tahun 1992

Tinggalkan Balasan