Cara Melacak HP Hilang dengan WhatsApp
Cara Melacak HP Hilang dengan WhatsApp - Image Source: Pixabay Free License

Cara Melacak HP Hilang dengan WhatsApp Ternyata Mudah

Jangan panik saat HP anda hilang, sebab ada cara melacak HP hilang dengan WhatsApp yang ternyata mudah. Dengan berbagai fitur bawaan dan kecanggihan teknologi saat ini, semuanya bisa dilakukan dengan mudah dan efisien.

Kehilangan HP tentunya menjadi momen yang paling menyebalkan dan merugikan. Apa lagi jika HP tersebut keluaran terbaru dan menyimpan berbagai data penting di dalamnya. Pastinya akan repot jika semuanya hilang.
Oleh sebab itu, anda bisa memanfaatkan WhatsApp untuk melacak keberadaan HP yang hilang. Entah karena dicuri atau jatuh di suatu tempat.

Cara Melacak HP Hilang dengan WhatsApp

Selain berperan sebagai aplikasi berkirim pesan, ternyata banyak fungsi WhatsApp yang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Salah satunya adalah untuk melacak keberadaan HP saat hilang.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan fungsi ini, di antaranya adalah:

1. Menyalakan Fitur Share Live Location

Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan untuk melacak HP adalah share live location. Jika menggunakan cara ini, artinya anda harus selalu membagikan lokasi terkini kepada kontak WhatsApp lainnya seperti teman atau saudara.
Sehingga saat tiba-tiba HP anda hilang, maka bisa langsung dilihat melalui live location yang dikirim ke kontak teman atau saudara tersebut. Meski demikian, share live location memiliki batas waktu tertentu.

Sedang Trending :  Inilah 3 Cara Melihat Pesan WA yang Telah Dihapus di iPhone Terbaru 2022

Jadi setelah batas waktu tersebut habis, maka keberadaan HP anda tidak dapat dilacak lagi. Cara mengaktifkan fitur ini adalah :

  1. Buka kolom chat dengan orang terdekat.
  2. Klik menu lampiran, pilih location dan continue.
  3. Pilih menu share live location.
  4. Pilih waktu yang anda inginkan, yaitu 15 menit, 1 jam, atau 8 jam.
  5. Kirim ke kontak tersebut.

Baca juga : Cara Mengetahui Nama Kontak Kita di WhatsApp Orang Lain Tanpa Aplikasi

2. Menggunakan Fitur Google Maps

Selain menggunakan fitur share live location, anda juga bisa menggunakan fitur share location secara real time dari Google Maps. Kelebihan cara ini adalah share lokasi tidak terbatas waktu selama GPS dan HP aktif.
Cara memanfaatkannya adalah:

  1. Buka Google Maps.
  2. Klik ikon akun anda.
  3. Pilih Location Sharing.
  4. Pilih share location.
  5. Atur waktu real-time, kami menyarankan untuk men memilih ‘until you turn this off’ agar share location tetap menyala.
  6. Pilih WhatsApp dan tentukan kontak orang terdekat yang bisa dipercaya.

Dengan kedua cara di atas, anda bisa segera mengetahui lokasi saat ponsel hilang. Yang terpenting adalah anda selalu membagikan lokasi terkini ke orang terpercaya. (SA)

Simak juga : Cara Melacak Keberadaan Seseorang Menggunakan WhatsApp

Tinggalkan Balasan